Rabu 25 Apr 2018 19:48 WIB

Menhan Berharap KRI Ardadedali-404 Sesakti Namanya

Nama Ardadedali pada kapal itu diambil dari salah satu nama senjata panah Arjuna.

Kapal selam hasil kerja sama Indonesia dan Korea Selatan pertama, KRI Nagapasa-403. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Zabur Karuru
Kapal selam hasil kerja sama Indonesia dan Korea Selatan pertama, KRI Nagapasa-403. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, OKPO -- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berharap nama KRI Ardadedali-404 memberikan makna yang mendalam, sesuai kesaktian senjata tersebut. KRI Ardadedali-404 merupakan kapal selam TNI AL hasil kerja sama dengan Korea Selatan. 

"Diharapkan dengan menggunakan nama ini paling tidak serupa kesaktian senjata yang dinamakan itu," ujar Menhan dalam upacara penyerahan KRI Ardadedali-404 di galangan kapal Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME), Okpo, Korea Selatan, Rabu (25/4).

Pemberian nama Ardadedali pada kapal tersebut diambil dari salah satu nama senjata panah yang dimiliki oleh tokoh cerita mahabarata Arjuna. Dia merupakan sosok Pandawa yang menawan parasnya dan lemah lembut budinya. 

Dalam cerita disebutkan ardadedali berbentuk ujung anak panah pusaka seperti burung dan memiliki jiwa. Anak panah ardadedali dapat melumpuhkan musuhnya di medan pertempuran besar.

Ryamizard yakin KRI Ardadedali-404 akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara serta keutuhan wilayah. Selain itu, dia berharap KRI Ardadedali-404 dapat melindungi kehormatan serta keselamatan bangsa dan menegakkan hukum di perairan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Menhan juga berpesan kepada komandan kapal selam KRI Ardadedali-404 Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu beserta awak kapal untuk menjaga kepercayaan yang diberikan oleh bangsa dan negara dengan pengoperasian dan pemeliharaan yang benar. "Rawat sebaik-baiknya, usahakan usia kapal selama mungkin. Pergunakan dengan baik," tutur Ryamizard Ryacudu.

Kapal selam pertama hasil kerja sama dengan Korea Selatan yang telah datang Agustus 2017 diberi nama Nagapasa-403. Nama tersebut diambil dari nama senjata tokoh pewayangan Raden Indrajit berupa panah sakti.

Kapal selam ketiga yang dikerjakan PT PAL di Surabaya akan diberi nama KRI Alugoro-405. Nama itu diambil dari nama senjata pemukul berbentuk alu yang dalam cerita pewayangan digunakan oleh Prabu Baladewa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement