Selasa 24 Apr 2018 23:14 WIB

Nasihin: Pers Harus Berperan Sebagai Mata Air

Pers masih dapat memainkan peran sebagai pendorong kemajuan bangsa.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Nasihin Masha
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Nasihin Masha

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Wartawan senior sekaligus Mantan Pemimpin Redaksi Republika Nasihin Masha mengatakan, di era keterbukaan informasi dan kebebasan pers di Indonesia saat ini, pers harus memainkan peran bak mata air yang menjernihkan arus informasi yang begitu banyak mengalir ke masyarakat. Pers dalam hal ini khususnya media konvensional, menurut Nasihin, harus menjadi corong penyampaian informasi mengutamakan kebenaran sesuai fakta dengan memperhatikan etika.

 

"Pers itu harus menjadi mata air. Pers harus menjadi solusi bagi masyarakat yang gelisah akan berbagai informasi yang simpang siur melalui media sosial," kata Nasihin dalam diskusi Optimalisasi Kompetensi Wartawan dan Peran PWI dalam Pemberitaan Pembangunan Nasional di Jakarta, Selasa (24/4).

 

Nasihin menambahkan, pers masih dapat memainkan peran sebagai pendorong kemajuan bangsa. Kuncinya, menurut pria asal Cirebon itu, pers harus mendapatkan kepercayaan dari seluruh masyarakat.

 

"Poinnya adalah kita harus saling percaya. Bahwa pers sebagai pemberi informasi tentang nilai-nilai kebangsaan. Kemajuan suatu negara juga tergantung nilai-nilai dari bangsa itu," ujar Nasihin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement