Senin 23 Apr 2018 19:10 WIB

Basarah: Soekarwo Usulkan Gus Ipul sebagai Penggantinya

Perlu kesinambungan dalam program Gubernur Soekarwo di Jawa Timur

Ahmad Basarah.
Foto: mpr
Ahmad Basarah.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah, mengatakan ada peran Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam pencalonan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), di Pilkada Jawa Timur.

Penjelasan Basarah itu disampaikan kepada media, usai deklarasi dan konsolidasi Forum Alumni Muda GMNI Jawa Timur, di Kota Surabaya, Senin (23/4). Basarah hadir sebagai Ketua Umum Persatuan Alumni GMNI 2015-2020, pengganti Soekarwo.

 “Itu terjadi jauh sebelum Pilkada Jawa Timur. Pakde Karwo mengusulkan Gus Ipul (Wakil Gubernur) sebagai penerus kepemimpinannya di Jawa Timur,” kata Ahmad Basarah dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Apa alasan Gubernur Jawa Timur, yang akrab dipangil Pakde Karwo itu? “Agar konsep pembangunan di Jatim yang telah direncanakan, disusun, dilaksanakan, dievaluasi dan dimonitoring oleh Pakde Karwo itu bisa berkelanjutan. Jauh hari Pakde Karwo sudah bilang itu sebagai sesama alumni GMNI," kata Ketua Tim Pemenangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno tersebut.

Soekarwo menjadi Gubernur Jawa Timur selama 10 tahun dengan didampingi Gus Ipul sebagai wakil gubernurnya. “Tetapi tidak mungkin dalam 10 tahun itu bisa mensejahterahkan masyarakat keseluruhan. Perlu adanya kesinambungan. Salah satu konsepnya, Pakde Karwo tawarkan Gus Ipul yang melanjutkan," jelas Basarah.

Selain itu, kata dia, PDIP juga memandang Gus Ipul sebagai Ketua PBNU punya peran penting dalam memperjuangkan penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila oleh pemerintahan Presiden Jokowi. “Tahun 2017 awal, Pakde Karwo meminta kepada saya agar PDI Perjuangan memberi kesempatan Gus Ipul sebagai calon gubernur,” kata Ahmad Basara.

 

Ia memandang Gus Ipul sebagai sosok yang setia dan menghormati Gubernur Soekarwo. Bahkan, dalam dokumen visi-misi, Gus Ipul-Puti Guntur merumuskan konsepsi Perubahan Berkelanjutan untuk Jawa Timur Makmur. “Inspirasi kata “berkelanjutan” itu adalah meneruskan warisan pemerintahan Gubernur Soekarwo,” kata Basarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement