Senin 23 Apr 2018 11:02 WIB

Survei IDS: Jokowi Masih Jadi Capres Terkuat

Di bawah Jokowi, ada Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo dan Tuan Guru Bajang

Presiden Joko Widodo
Foto: Republika/Wihdan
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Peneliti Independent Data Survey (IDS), Edhy Aruman menjelaskan hasil survei masih menempatkan Jokowi sebagai yang terkuat. Dengan pertanyaan terbuka (top of mind) Jokowi (49,8 persen) merupakan kandidat paling unggul, diikuti oleh Prabowo Subianto (29 persen), Gatot Nurmantyo (4 persen) dan Tuan Guru Bajang (2.9 persen) serta Agus Harimurti Yudhoyono (1.3 persen). IDS melakukan uji nama dengan 18 nama disodorkan kepada responden.

Nama-nama dipilih dengan asumsi dikenal publik karena ketokohan di partai politik dan atau ketokohan di tingkat nasional. Ke-18 nama itu, yakni Joko Widodo (Jokowi), Puan Maharani, Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Akbar Tandjung, Aburizal Bakrie, Airlangga Hartarto, Wiranto, Surya Paloh, Anis Matta, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Zulkifli Hasan, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), Yusril Ihza Mahendra, Osman Sapta Odang, Mahfud MD, Gatot Nurmantyo dan Anies Rasyid Baswedan.

Berdasarkan daftar nama yang disodorkan IDS, responden memilih satu nama di antara 18 nama-nama tokoh dengan persentase sebagai berikut Jokowi (52,3 persen), Prabowo Subianto (31 persen), Gatot Nurmantyo (5,8 persen) , Agus Harimurti Yudhoyono (2,7 persen), Mahfud MD (1,2 persen). Dari daftar 18 nama yang dipilih, yakni Jokowi, Prabowo, AHY sebagai tokoh partai.

Bagaimana dengan tokoh tokoh senior partai politik? "Responden memiliki preferensi dengan tokoh partai di luar PDIP dan Gerindra, namun dengan mereka dipilih dengan persentase di bawah 1 persen berturut turut, yakni Wiranto, Akbar Tandjung, Surya Paloh dan Aburizal Bakrie," kata Edhy.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement