Sabtu 21 Apr 2018 06:55 WIB

PT PI II Ajak Ribuan Pelajar Kunjungi Pelabuhan

Kegiatan ini dinilai akan memperluas wawaaan pelajar SD mengenai pentingnya pelabuhan

Para siswi SD ketika mengikuti Field Trip yang digelar PT Pelabuhan Indonesia untuk menyambut Hari Kartini, Jumat (20/4)
Para siswi SD ketika mengikuti Field Trip yang digelar PT Pelabuhan Indonesia untuk menyambut Hari Kartini, Jumat (20/4)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC mengajak ribuan pelajar Sekolah Dasar melihat langsung kegiatan operasional kepelabuhanan kala menyambut Hari Kartini. Kegiatan field trip ini dilakukan serentak di 15 kantor anak perusahaan dan 12 kantor Cabang IPC, yakni di Jakarta, Cirebon, Banten, Lampung, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung, Padang dan Pontianak. 

 

Di Jakarta, sekitar 400 pelajar diajak mengunjungi Terminal Penumpang, Terminal Operasi 2 dan Terminal Operasi 3 Pelabuhan Tanjung Priok. Dalam kesempatan ini, IPC juga menyalurkan paket alat tulis kepada peserta, yang diserahkan di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok.

 

“Kita adalah bangsa maritim yang besar. Maka sudah semestinya kita membangun kecintaan dan mengenalkan dunia kemaritiman sejak dini kepada anak-anak, dan pelabuhan adalah bagian terpenting dalam dunia kemaritiman,” kata Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha IPC, Saptono R Irianto, di Jakarta, Jumat (20/4).

 

Menurutnya, kegiatan field trip ini akan memperluas wawasan para pelajar SD tentang arti pentingnya pelabuhan bagi Indonesia, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang strategis, dan sudah sejak lama menjadi persinggahan rute perdagangan dunia.

 

Peserta field trip ini adalah para pelajar SD yang tinggal di sekitar wilayah kerja IPC dan direkomendasikan oleh pihak sekolah. Mereka diajak berkeliling di sekitar area pelabuhan, didampingi oleh perwakilan Cabang dan Anak Perusahaan IPC.

 

Saptono menjelaskan, penyaluran paket alat tulis dan kegiatan field trip bagi pelajar yang tinggal di sekitar kawasan pelabuhan tempat IPC beroperasi ini merupakan bentuk komitmen IPC berkontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan.

 

“Kami punya ikatan moral untuk memberikan dukungan terbaik kepada masyarakat secara umum, dan menciptakan harmoni dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

 

Sebelumnya, saat mencanangkan Terminal Kijing, Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, 11 April lalu, IPC menyalurkan bantuan pendidikan untuk 55 pelajar dengan nilai total 110 juta rupiah. Selain itu, paket CINTA IPC juga diberikan kepada 600 kepala keluarga di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement