Jumat 20 Apr 2018 20:22 WIB

Train Set LRT Sumatra Selatan Siap Meluncur

Train set LRT tersebut sudah tiba di Palembang sejak 11 April lalu

Rep: Maspril Aries/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (Inasgoc) Erick Thohir, perwakilan  Industri Kereta Api (Inka) Madiun, dan pihak terkait lainnya menekan tombol peresmian penerimaan light rail transit (LRT) di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (20/4).
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (Inasgoc) Erick Thohir, perwakilan Industri Kereta Api (Inka) Madiun, dan pihak terkait lainnya menekan tombol peresmian penerimaan light rail transit (LRT) di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Dua unit train set kereta api ringan atau light rail transit (LRT) yang akan digunakan sebagai moda transportasi massal di Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya pada saat berlangsungnya Asian Games XVIII 2018 resmi diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dua unit train set yang terdiri dari enam car atau gerbong yang dibuat PT INKA di Madiun tersebut, Jumat (20/4) menampakkan wujud utuhnya di pelabuhan Boombaru, Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan didampingi Ketua INASGOC Erick Thohir, Wakil Ketua DPRD Sumsel M Yansuri, Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafisz Tohir, mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR Dodi Reza Alex yang kini calon gubernur Sumsel dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar bersama-sama menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya peluncuran LRT Sumsel.

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel Alex Noerdin berharap pembangunan LRT ini bisa selesai akhir Juni. "Karena kami tidak sabar lagi ingin mencobanya," ujarnya.

Pada kesempatan itu Alex Noerdin dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan undangan lainnya meninjau train set LRT yang akan digunakan untuk transportasi dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sampai ke Jakabaring dengan jarak 23,4 km.

Sementara itu menurut Sekretaris Daerah Nasrun Umar, dua train set LRT tersebut sudah tiba di Palembang sejak 11 April lalu. Selanjutnya akan dikirim dari PT INKA di Madiun sebanyak enam unit sehingga seluruhnya akan ada delapan set train set dengan jumlah 24 car atau gerbong.

Spesifikasi satu gerbong (car) LRT produksi PT INKA tersebut memiliki lebar rel 1.067 mm, panjang 12 meter, lebar 2,6 meter, tinggi 3,6 meter, kecepatan 80 km/jam, kapasitas 534 orang, warna biru, hitam dan putih, beroperasi 18 jam/ hari  dan akan berhenti 30 detik di setiap stasiun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement