Jumat 20 Apr 2018 16:54 WIB

Teliti Bank Sampah, Dosen UMY Raih Gelar Doktor

Sampai saat ini program CSR tersebut masih berkelanjutan.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Yusuf Assidiq
UMY
Foto: Yusuf Assidiq
UMY

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Untuk  mencapai tujuan pembangunan nasional yaitu kesejahteraan masyarakat baik secara nasional maupun global, diperlukan kerja sama dan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah, masyarakat dan pelaku bisnis (perusahaan) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal tersebut menjadi alasan dari penelitian disertasi dari dosen ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Adhianty Nurjanah. dengan yang mengangkat tema 'Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sinergisitas Peran Gender pada Program CSR Bank Sampah Mandiri PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant' yang dilaksanakan di Kampus Terpadu Unversitas Sebelas Maret Surakarta.

Dalam sidang tersebut, ia berhasil meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude. Gelar itu diraih pada pelaksanaan Ujian Terbuka Promosi Doktor, Program Doktor Ilmu Penyuluhan Pembangunan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, beberapa waktu lalu.

Adhianty menyampaikan bahwa salah satu program pembangunan nasional yang dilakukan oleh perusahaan adalah melalui program CSR. Program CSR Bank Sampah Mandiri adalah program pemberdayaan masyarakat PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant.

Menurutnya, fokus penelitian ini adalah, untuk pertama, mengkaji karakteristik masyarakat penerima manfaat program CSR. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan perusahaan. Ketiga mengkaji pola komunikasi antar perusahaan dan masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat pada program CSR Bank Sampah.

"Keempat, mengkaji profil peran gender pada masyarakat penerima manfaat program CSR. Dan kelima, merumuskan model pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada program CSR Bank Sampah Mandiri PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant di masa depan sebagai upaya mewujudkan kesetaaraan gender,” kata dia, Jumat (20/4).

Ia menambahkan, karakteristik masyarakat penerima manfaat program CSR Bank Sampah Mandiri PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant secara fisik kondisi wilayahnya berupa daerah perumahan di wilayah perkotaan. Pada wilayah tersebut mayoritas bangunan rumah bertipe 36, secara ekonomi mereka merupakan warga menengah ke bawah.

Secara sosial dan budaya merupakan masyarakat yang masih menghargai harmonisasi dalam keluarga dan masyarakat.  Hal tersebut ditandai dengan karakteristik masyarakat yang guyub rukun, gotong royong, saling peduli, saling membantu,  memiliki sifat 'blaka suta', serta proaktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Di samping itu karakteristik masyarakat lainnya adalah adanya fluiditas dan sinergisitas peran gender dalam keluarga. Filosofi masyarakat yang menjunjung tinggi keharmonisan keluarga menyebabkan laki-laki dan perempuan saling bertukar peran untuk mencapai tujuan kesejahteraan keluarga.

Sampai saat ini program CSR tersebut masih berkelanjutan, karena perusahaan menerapkan prinsip menghargai lokalitas atau valuing the local. “Hasil penelitian ini juga menemukan adanya dua unsur penting yang tidak dikemukakan oleh Iffe (teori, red.) dalam prinsip lokalitas sebagai prinsip utama pemberdayaan. Yaitu menghargai keluarga (valuing family) dan menghargai kebiasaan lokal (valuing local habit) sebagai prinsip pemberdayaan masyarakat sehingga program CSR dapat diterima oleh masyarakat dan dikembangkan oleh masyarakat dengan manfaat yang lebih besar,” ujarnya.

Dikatakan, hasil pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada program CSR Bank Sampah Mandiri sendiri adalah keberdayaan masyarakat baik laki-laki dan perempuan yang ditandai dengan peningkatan aspek kehidupan.

Baik pada aspek akses berupa  pengetahuan dan ekonomi, kedua, aspek peran berupa keikutsertaan atau partisipasi, ketiga, aspek kontrol berupa kemampuan berjejaring, dan keempat, aspek manfaat berupa pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement