Selasa 17 Apr 2018 23:00 WIB

Bamsoet Dukung Jurus Polri Berantas Miras Oplosan

DPR akan mengawal dan mengawasi Polri dalam melaksanakan operasi razia miras oplosan.

Miras oplosan
Foto: ANTARA
Miras oplosan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya mendukung sikap tegas Wakapolri Komjen Syafruddin yang menegaskan tidak segan-segan mencopot kapolda atau kapolres yang tidak serius memberantas minuman keras (miras) oplosan. Menurutnya, diperlukan sikap tegas sehingga korban jiwa akibat miras oplosan tidak bertambah.

Bamsoet -panggilan akrab Bambang- menyatakan, DPR akan mengawal dan mengawasi Polri dalam melaksanakan operasi razia miras oplosan sebagaimana instruksi Wakapolri Komjen Syafruddin. “Langkah ini demi mencegah rusaknya generasi muda kita dalam pengaruh minuman keras,” ujarnya, Selasa (17/4).

Mantan ketua Komisi Hukum DPR itu juga meminta Polri serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memperketat pengawasan atas penjualan minuman ataupun bahan-bahan campuran yang biasa digunakan dalam miras oplosan. “Pelaku pengoplosan, penjual dan pemakai harus ditindak tegas,” ujarnya.

Legislator Partai Golkar itu menambahkan, upaya mengatasi miras oplosan tidak cukup dengan penindakan. Sebab, harus ada upaya preventif.

Untuk itu Bamsoet mendorong kepolisian melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya miras oplosan. Selain itu, perlu keterlibatan perangkat daerah di tingkat bawah untuk mengawasi peredaran miras di masyarakat.

“Mengimbau kepada perangkat daerah termasuk camat, lurah, ketua RW dan RT serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda untuk turut berpartisipasi dalam mengawasi kegiatan peredaran minuman keras di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement