Sabtu 14 Apr 2018 20:28 WIB

Libur Panjang, Tempat Kuliner Sukabumi Dipadati Wisatawan

Lokasi yang menawarkan kuliner khas Sukabumi terdapat di berbagai titik

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Proses produksi Kue Mochi di sentra produksi kue mochi di Sukabumi, Jawa Barat, (12/3). (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Proses produksi Kue Mochi di sentra produksi kue mochi di Sukabumi, Jawa Barat, (12/3). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Momen libur panjang Isra Mi'raj dimanfaatkan sejumlah warga untuk berwisata, Sabtu (14/4). Salah satunya Kota Sukabumi yang terkenal dengan wisata kulinernya.

Hal ini tampak dari padatnya sejumlah tempat kuliner oleh para pengunjung baik dari dalam kota maupun luar Kota Sukabumi. Mereka memilih Sukabumi karena daerah tersebut menawarkan beragam kuliner khas yang tidak kalah dibandingkan daerah lain.

Lokasi yang menawarkan kuliner khas Sukabumi terdapat di berbagai titik. Misalnya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Jalan Siliwangi, Jalan Bhayangkara, dan Jalan RE Martadinata.

"Pengunjung yang datang cukup banyak dibandingkan hari biasa," terang salah seorang pemilik usaha kuliner Cafe Bolu Amor dan Bakery di Jalan Sudirman, Ridwan Darussalam kepada wartawan.

Mereka datang bersama dengan keluarganya untuk menikmati kuliner khas Sukabumi.

Di tempat usahanya juga ditawarkan kue khas Sukabumi Mochi dan bolu asli Sukabumi serta makanan lainnya. Selain itu, untuk menarik pengunjung, pada liburan kali ini juga diadakan lomba makan Nayla Milkbath yang dijadikan andalan makanan baru di tokonya.

Menurut Ridwan, animo pengunjung dari luar daerah ke Sukabumi cukup tinggi untuk menikmati kuliner yang ada di daerah. Momen ini dimanfaatkan pelaku usaha kuliner untuk mengenalkan makanan yang berkualitas dan dikemas dengan menarik.

Salah seorang pengunjung wisata kuliner yang juga tokoh masyarakat Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, Kota Sukabumi menjadi salah satu titik transit bagi wisatawan yang akan berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Sukabumi. Sehingga wisata kuliner harus dikuatkan, ujar dia yang merupakan wakil wali Kota Sukabumi periode 2013-2018.

Menurt Fahmi, sejumlah pembangunan sarana infrastruktur seperti Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) akan semakin memudahkan pengunjung datang ke Sukabumi. Peluang ini harus dimanfaatkan pelaku usaha untuk melakukan inovasi dan peningkatkan kualitas produk.

Pengunjung lainnya asal Palabuhanratu, Nur Falah Ramadhan (22) mengatakan, kuliner khas Kota Sukabumi tidak kalah dibandingkan daerah lain. Kalau ke kota pasti wisata kuliner bersama keluarga, cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement