Rabu 11 Apr 2018 02:29 WIB

Warga di Aliran Sungai Ogan Diimbau Waspada Banjir

Debit air Sungai Ogan meningkat akibat curah hujan tinggi.

Arus sungai. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Arus sungai. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Sejumlah warga yang bermukim disekitar aliran sungai di Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, diimbau waspada terjadinya bencana banjir akibat luapan air sungai.

Kapolsek Ulu Ogan, Ogan Komering Ulu (OKU) Ipda Eddi Hernata di Baturaja, Selasa mengatakan, warga yang tinggal di pelataran sungai diingatkan untuk waspada terjadi bencana banjir mengingat curah hujan di wilayah itu sejak beberapa hari terakhir cukup tinggi.

"Beberapa hari ini, curah hujan di ulu Sungai Ogan cukup tinggi dan debit airpun meningkat ditakutkan meluap hingga terjadi banjir," katanya.

Kondisi tersebut, kata dia, cukup membahayakan masyarakat yang beraktivitas di sungai karena air sungai dapat meluap secara tiba-tiba.

Dia mengemukakan,di Kecamatan Ulu Ogan sejak beberapa hari terakhir dilanda hujan deras dan berlangsung lama sehingga air sungai dengan cepat dapat meluap.

Di Kecamatan Ulu Ogan-ini ada dua sungai, yakni Sungai Ogan Kanan dan Ogan Kiri. Debit air kedua sungai ini biasanya sama-sama meluap jika terjadi hujan lebat.

"Untuk itu kami memperingatkan khususnya bagi masyarakat yang sering beraktivitas di sungai agar waspada banjir. Jika di hulu sungai sudah mendung, sebaiknya membatasi aktivitasnya di sungai," kata dia.

Selain ancaman banjir, bencana tanah longsor juga mengintai masyarakat pengguna jalan di Kecamatan Ulu Ogan sehingga diharapkan selalu waspada saat melintasi jalan di wilayah tersebut.

"Potensi terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang masih tinggi di sepanjang jalan raya Mendingin Kecamatan Ulu Ogan. Untuk itu kami minta masyarakat untuk waspada dan berhenti di tempat yang aman jika hujan deras," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement