Selasa 10 Apr 2018 14:05 WIB

Tak Lama Lagi, Aher Sandang Gelar Doktor

Studi kasus pada disertasi Aher terkait aliran Sungai Citarum

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dalam waktu dekat, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan akan menyandang gelar doktor dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Kepastian Aher, panggilan akrab Ahmad Heryawan, meraih gelar doktor terungkap setelah dinyatakan lulus dalam sidang tertutup disertasi di Kampus Unpad, Kota Bandung, Senin (9/4).

Ketetapan lulus dalam sidang tertutup promosi doktor itu disampaikan oleh promotor dan oponen. Kepala Bagian Publikasi Biro Humas dan Protokol Setda Jabar Ade Sukalsah mengatakan, tinggal proses sidang terbukanya, maka gelar doktor akan disandang oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.   

Ade menjelaskan, prosesi akademik terakhir itu diagendakan dalam waktu dekat ini. Kata Ade, topik disertasi Aher sangat mutakhir dan terkait erat dengan tugas kesehariannya. Yakni ‘Model Keberlanjutan Bisnis di Sepanjang Daerah Aliran Sungai’.

Dalam topik tersebut, papar Ade, Aher meneliti studi kasus bisnis pada aliran Sungai Citarum. Sebagai gubernur Jabar, Aher menggulirkan sejumlah kebijakan terkait penanganan Sungai Citarum. ‘’Disertasinya relevan dengan tugas sebagai gubernur Jabar,’’ ujar Ade di kantornya, Selasa (10/4).

Topik itu, ungkap Ade, menggenapi capaiannya sebagai magister yang juga pada bidang sumber daya alam di IPB pada 2014. Saat itu, Aher memilih Prodi Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan dengan judul tesis ‘Analisis Ekonomi dan Kebijakan Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat’. Sementara gelar sarjananya, lanjut dia, diraih di LPIA Jakarta sebelum Aher terjun ke politik praktis.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement