Sabtu 31 Mar 2018 20:02 WIB

Pengamat: Sikap Amien Rais tak Identik dengan Posisi PAN

Sikap Amien Rais yang beroposisi tidak lantas membuat PAN bakal ke posisi yang sama.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ratna Puspita
Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bersama Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bersama Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Gunadharma Toto Sugiharto mengatakan sikap Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais tak identik dengan posisi PAN. Sikap Amien Rais yang terus berlawanan dengan Jokowi bukan berarti membuat PAN bakal semakin kuat ke posisi koalisi partai oposisi.

"Sikap Amien Rais tidak identik dengan posisi PAN," kata Toto kepada Republika, Sabtu (31/3). 

Dia berpendapat PAN memiliki strategi politiknya sendiri. Bahkan, dia menyatakan, kritik PPP kepada PAN soal 'membereskan' Amien Rais tak akan memunculkan stigma bahwa PAN akan beroposisi dengan [emerintah. 

Sebab, dia mengatakan, beberapa kali, sikap Amien Rais berbeda dengan partai berlambang matahari itu. "Saya melihat kadang sikap Amien Rais berbeda dengan PAN. Seperti ada peran yang dimainkan masing-masing," ujar Toto.

Sementara, ia mengatakan, kritik PPP itu akan menjadi blunder bagi koalisi partai-partai pemerinrtah. "Setidaknya soliditas koalisi akan berkurang," ujar Toto.

Ia menyebut, Jokowi yang paling memiliki hak untuk menanggapi kritikan-kritikan yang kerap dilontarkan oleh Amien Rais kepada Jokowi. Bukan partai-partai lain yang berada pada lingkaran dukungan kepada Jokowi.

"Jokowi punya sikap sendiri, saat kritik perlu dijawab, pasti dijawabnya. Sama seperti pada saat Prabowo mengkritik, Jokowi menjawabnya. Namun ketika ia merasa tidak perlu dijawab, Jokowi tidak akan menjawabnya," ungkap Toto.

Baca: 2 Matahari di PAN Jadi Kendala Jika Merapat ke Poros Jokowi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement