Kamis 29 Mar 2018 17:42 WIB

KAI Yogyakarta Siapkan Kereta Tambahan untuk Long Weekend

Kereta tambahan terdiri dari kereta eksekutif dan kereta ekonomi premium gerbong baru

Calon penumpang KA Argo Lawu.
Foto: Antara/Str-Andika Betha
Calon penumpang KA Argo Lawu.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta menyiapkan tiga kereta tambahan untuk melayani kebutuhan penumpang saat libur panjang Paskah akhir pekan ini. "Dua kereta tambahan yang disiapkan adalah kereta kelas eksekutif dan satu lagi adalah kereta ekonomi premium yang sudah menggunakan gerbong baru," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis.

Dua kereta eksekutif tambahan tersebut adalah Argo Lawu Fakultatif dan Argo Dwipangga Fakultatif yang akan diberangkatkan dari Solo Balapan menuju Jakarta Gambir. Kedua kereta api tambahan tersebut akan diberangkatkan mulai Jumat (30/3) hingga Senin, 2 April.

Sedangkan kereta ekonomi tambahan yang disiapkan adalah Mataram Premium yang akan diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta menuju Jakarta Pasar Senen. "Kereta ini adalah kereta ekonomi plus. Setiap gerbong hanya akan diisi 80 penumpang. Kapasitas kereta sekitar 700 tempat duduk," kata Eko.

Kereta Mataram Premium tersebut hanya akan melayani perjalanan selama dua hari, yaitu 1 dan 2 April yang diberangkatkan dari Lempuyangan pukul 06.40 WIB. "Ketersediaan tiket masih cukup banyak. Calon penumpang bisa memanfaatkan kereta tambahan ini saat akan kembali ke Jakarta," katanya.

 

Sedangkan penumpang untuk kereta komuter Prambanan Ekspres diperkirakan juga akan mengalami kenaikan selama libur panjang akhir pekan, khususnya dimanfaatkan wisatawan lokal. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, masih ada pekerjaan fisik di kawasan Malioboro yang menjadi tujuan utama wisata di Yogyakarta.

"Harapannya, wisatawan yang menghabiskan liburan mereka di Malioboro bisa memahami kondisi tersebut dan tetap berhati-hati saat berwisata," katanya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement