Senin 26 Mar 2018 17:02 WIB

Idrus Marham: Probosutedjo Banyak Bantu Masyarakat Miskin

Sosok Probo dipandang penuh dengan keteladanan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Makam Somenggalan, sudah dipersiapkan menjelang kedatangan jenazah Probosutedjo, Senin (26/3)
Foto: Wahyu Suryana/Republika
Makam Somenggalan, sudah dipersiapkan menjelang kedatangan jenazah Probosutedjo, Senin (26/3)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial RI Idrus Marham turut melayat adik mendiang Presiden Soeharto, Probosutedjo, Senin (26/3). Menteri Idrus menyampaikan Probo Sutedjo merupakan sosok yang berperan dalam membantu masyarakat miskin.

"Saya kira siapapun yang mengikuti perjalanan bangsa utamanya di orde baru, pasti akan memahami peranan Pak Probo. Beliau pada waktu itu bahkan hingga akhir hari ini masih memiliki peranan yang sangat besar terutama dalam membantu masyarakat miskin," ujarnya kepada awak media, Senin, sebelum jenazah diberangkatkan ke Yogyakarta.

Ia menuturkan sosok Probo yang memang selalu prihatin kepada masyarakat miskin dan selalu memprioritaskannya. "Sebab memang beliau keprihatinannya di situ. Saya pernah beberapa tahun mendampingi beliau ketika saya di Jatim dan lalu di sini, saya paham betul bahwa perhatian beliau bagaimana memberdayakan masyarakat miskin, bagaimana membantu masyatarakat yang tidak mampu," tuturnya.

Idrus pun mengatakan Probo merupakan sosok putra bangsa yang patut diteladani. Sebab, menurutnya, sebagian besar sumbangan-sumbangan Probo diberikan kepada masyarakat miskin. "Beliau adalah termasuk salah satu contoh dari putra bangsa yang ada yang patut kita berikan perhatian secara khusus," ungkapnya.

Dia mengaku semenjak menjadi menteri, dirinya belum pernah menemui Probo. Kedatangannya, ia katakan, sekaligus untuk mengantarkan Probo ke tempat peristirahatan terakhir.

"Setelah ini kita mendoakan, kita mengantarkan beliau ke tempat peristirahatan dan kita punya keyakinan bahwa apabila manusia telah meninggal maka tiga hal tidak terputus dan dalam pandangan kita secara syariah beliau telah melakukan amal soleh yang cukup banyak," ungkapnya.

Ia sendiri memiliki keyakinan, karena Probo muga merupakan seorang guru yang telah mengamalkan ilmunya, maka doa putra-putrinya akan bermanfaat sepeneninggalan Probo. "Kita juga punya keyakinan bahwa putra-putrinya adalah putra putri yang baik sehingga dengan demikian baik amal soleh maupun ilmu yang diamalkan dan bermanfaat selama ini dan doa putra putrinya, keluarganya kita punya keyakinan Insya Allah perjalanan beliau menghadap Allah itu akan berjalan dengan baik," tuturnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement