Sabtu 24 Mar 2018 18:04 WIB

Surya Paloh: Berpartai Bukan untuk Cari Makan

Paloh mengingatkan, berpartai itu karena kesadaran sendiri demi bangsa dan negara.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan safari politik ke bagian Timur wilayah Indonesia selama sepekan.
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan safari politik ke bagian Timur wilayah Indonesia selama sepekan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengukuhkan pelantikan Ketua Dewan Pengurus Wilayah Nasdem Provinsi Sulawesi Barat, Hasbi Wahid beserta jajaran pengurus DPW Sulbar, Sabtu (24/3). Dalam sambutannya, Paloh mengingatkan para kader Partai Nasdem Sulawesi Barat agar berpartai karena kesadaran sendiri demi bangsa dan negara.

"Berpartai bukan karena terpaksa, tapi karena kesadaran untuk memberikan sesuatu yang berarti bagi bangsa dan negara," ujar Paloh dalam rangkaian safari politik hari kelimanya di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (24/3).

Ia menegaskan, siapa pun yang akan menjadi bagian dari partai harus saling membesarkan hati, bukan justru saling menjatuhkan. "Saling membesarkan hati ini obat paling mujarab, membuat fanatisme yang begitu kokoh, militansi di partai ini dan membuat keyakinan bahwa berpartai bukan hanya tempat untuk cari makan semata-mata," ujar Paloh.

Paloh melanjutkan, berpartai harus bagian dari pengabdian diri serta obsesi, idealisme dan harapan yang baik bagi partai. Ia juga meminta semua pihak tidak mengedepankan pikiran maupun kepentingan pragmatis jangka pendek.

"Sayang kita mulai terjebak dengan pikiran pragmatis atau pragmatisme. Kita tidak terbiasa menempatkan kepentingan jangka panjang, kita perlu melatih diri kita untuk mendahulukan kepentingan lebih besar," kata Paloh.

Adapun konsolidasi Ketua Umum Nasdem pada hari ini di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (24/3) merupakan bagian rangkaian safari politik Surya Paloh selama sepekan di Sulawesi. Sebelumnya, Paloh lebih dahulu mengunjungi Kabupaten Talaud, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow, Bitung. Bersamaan dengan deklarasi pelantikan Ketua DPW Nasdem Sulawesi Barat Hasbi Wahid beserta pengurus DPW Sulbar lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement