Jumat 23 Mar 2018 13:32 WIB

TGB Harap Mahasiswa Unila Jadi Generasi Qurani

TGB juga mengajak mahasiswa menyerap ilmu untuk pemanfaatan bagi orang lain.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Gita Amanda
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi menyampaikan ceramahnya saat tabligh akbar di Masjid Al Wasi'i Kampus Universitas Lampung (UNILA), Bandar Lampung, Jumat (23/3).
Foto: Humas Pemprov NTB
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi menyampaikan ceramahnya saat tabligh akbar di Masjid Al Wasi'i Kampus Universitas Lampung (UNILA), Bandar Lampung, Jumat (23/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Haji (TGH) Muham Zainul Majdi menghadiri undangan jajaran Universitas Lampung (Unila) untuk mengisi tabligh akbar. Ia menyampaikan tabligh akbar dengan tema "Generasi Qurani untuk Negeri" di Masjid Al Wasi'i, Unila, Bandar Lampung, Jumat (23/3).

"Kesan saya, Lampung ini tempat yang berkah, InsyaAllah. Ukurannya, ada harokah, ada gerak. Kata ulama, dalam gerak itu ada barokah. Sepanjang umat dan generasi muda terus bergerak dalam kebaikan," ujar TGB.

Untuk menjadi generasi qurani untuk negeri, TGB mengajak seluruh mahasiswa menjadikan diri mereka sebagai manusia yang mudah menyerap ilmu. Menjadikan hati mereka mudah menerima kebaikan, seperti tanah yang subur yang di atasnya tumbuh berbagai tanaman.

photo
Mahasiswa Unila mengikuti Tabligh Akbar TGB.

"Maka, tugas kitalah merawat itu sebagai sebuah peran fundamental dalam hidup. Menyerap cahaya kebenaran untuk kemaslahatan orang lain dengan menghargai orang lain serta mengambil peran. Itu orang yang produktif dalam kebaikan," ucap TGB.

TGB juga mengajak mahasiswa menyerap ilmu untuk pemanfaatan bagi orang lain. Tidak seperti tanah yang keras dan di atasnya menggenang. Artinya, mereka ini mau belajar, mau menggunakan waktunya untuk mencari ilmu, bahkan orang akan mengambil kebaikan darinya. Namun tidak ada visi-visi mulia di dalam dirinya dan hanya belajar untuk tahu tapi untuk diri sendiri nya ilmu itu tidak bermanfaat. Tidak bisa membuat dia bercita-cita tinggi.

TGB meminta para mahasiswa tidak menjadi manusia yang seperti tanah yang tandus, yakni tidak mampu menyerap kebaikan dan ilmu yang menyebabkan dirinya tidak bermanfaat bagi orang lain.

"Saya berharap anak muda di Lampung ini dapat membangun kebersamaan dan melakukan pembiasaan-pembiasan kebaikan. Dengan kebaikan itu, ia akan merubah dari yang tandus jadi tanah yang subur," lanjut TGB.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Bujang Rahman menyampaikan TGB merupakan gubernur yang luar biasa karena dikenal sebagai gubernur yang juga hafal Alquran. "Kehadiran TGB akan menambah keberkahan di Kampus Unila," kata Rahman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement