Kamis 22 Mar 2018 14:11 WIB

Warga di Sekitar Lereng Kawah Ijen Sudah Diungsikan

Tiga puluh warga di sekitar kawah Ijen keracunan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Teguh Firmansyah
Panorama kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Panorama kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kepala Resor TWA Ijen (KSDA), Sigit Ariwibowo menyatakan, warga yang tinggal di sekitar lereng kawah Ijen sudah diungsikan ke lokasi aman. Warga yang diungsikan tinggal di Dusun Margahayu, Dusun Watu Capil dan Dusun Curah Macan dan Desa Kalianyar.

"Mereka sudah diungsikan ke Kantor Kecamatan Ijen," ujar Sigit saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (22/3).

Sebelumnya, Sigit mengungkapkan, sebanyak 30 orang di desa-desa sekitar Kawah Gunung Ijen mengalami keracunan gas dari Kawah Ijen. Mereka sejak Rabu malam (21/3) telah dibawa dan dirawat di sejumlah Puskesmas.

 

Beberapa di antaranya berada di Puskesmas Kecamatan Ijen, Puskesmas Kecamatan Tlogosari dan Ruma Sakit Umum (RSU) dr Koesnadi B ondowoso."Tapi tadi pagi kami mendapatkan informasi dari rekan di lapangan, kondisi 30 korban seluruhnya sudah mulai membaik," kata dia.

Seperti diketahui, Kawah Gunung Ijen dilaporkan mengeluarkan gas beracun pada Rabu (21/3) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Radius asap beracun ini belum bisa diprediksi karena sebelumnya sempat terjadi letupan dari Kawah Ijen. Asap beracun ini kemungkinan besar akan mengarah ke barat atau Bondowoso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement