Rabu 21 Mar 2018 16:08 WIB

Republika Raih Penghargaan Citarum Harum dari Pangdam

Media massa sangat berperan dalam menyukseskan Program Citarum Harum

Rep: Djoko Suceno/ Red: Sandy Ferdiana
Kepala Perwakilan Republika Jawa Barat Rachmat Santosa Basarah (kiri) menerima penghargaan dari Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo terkait Program Citarum Harum di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (20/3).
Foto: Edi Yusuf/REPUBLIKA
Kepala Perwakilan Republika Jawa Barat Rachmat Santosa Basarah (kiri) menerima penghargaan dari Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo terkait Program Citarum Harum di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Republika terpilih menjadi salah satu media massa yang mendapat penghargaan dari Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo karena berpartisipasi mendukung Program Citarum Harum. Penghargaan diserahkan langsung oleh Pangdam kepada Kepala Perwakilan Republika Jawa Barat Rachmat Santosa Basarah di Makodam III Siliwangi, Selasa (20/3).  

Pangdam memberikan penghargaan pula kepada pegiat lingkungan dan media massa lainnya. Sejumlah pegiat lingkungan yang mendapatkan penghargaan dari Pangdam III Siliwangi, di antaranya Abah Iwan, Aat Suratin, Sobirin, dan Irma Hutabarat.

Penyerahan penghargaan disaksikan pula oleh Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, tokoh Wanadri Iwan Abdurahman (Abah Iwan), dan sejumlah tokoh lainnya. ‘’Saya memberikan apresiasi atas segala upaya yang dilakukan saudara-saudara semua dalam mendukung program Citarum Harum. Meski saat ini sudah tak menjabat Pangdam lagi, namun program ini akan terus berjalan karenan sistem bahkan peraturan presiden (perpres),’’ ujarnya.

Sementara media massa yang mendapat penghargaan, yaitu media massa lokal dan nasional, baik cetak, televise, radio, serta media online. Kata Doni, peran media massa begitu besar dalam mendukung program Citarum Harum. Kata dia, karena media massa Program Citarum Harum bisa menggema. Doni berharap, ke depannya media massa terus mengawal Program Citarum Harum.

Penyerahan penghargaan itu menjadi ajang pisah sambut Pangdam III Siliwangi. Posisi Pangdam III Siliwangi kini disandang oleh Mayjen TNI Besar Harto Karyawan. Sementara Doni akan menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas).

Sertijab Pangdam III rencananya akan digelar di Markas Besar TNI-AD di Jakarta, Kamis (22/3). ‘’Meski saya tidak lagi menjadi Pangdam namun tetap akan mengurus Citarum. Bahkan perpres sudah turun dan saya mendapat tugas memimpin program ini," tutur dia.

Pegiat Lingkungan yang juga Tokoh Wanadri Iwan Abdurahman menilai, sosok Doni Monardo berperan besar dalam mewujudkan Program Citarum Harum. Ia berharap, portofolio Doni bisa diteruskan, bahkan ditingkatkan oleh pangdam yang baru." Masyarakat Jabar akan bersama-sama mewujudkan Citarum Harum. Harapannya pengganti Pak Doni bisa meneruskan program ini," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement