Kamis 15 Mar 2018 20:35 WIB

Mendagri: Kepala Daerah Harus Selalu Awasi Keberadaan Ormas

Ormas yang jumlahnya ribuan akan sulit diawasi jika hanya andalkan polisi dan BNPT

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, kepala daerah harus selalu mengawasi keberadaan organisasi masyarakat di daerah supaya sejalan dengan Negara Kesatuan RI. Apalagi jumlah ormas cukup banyak sehingga pengawasan sangat diutamakan, kata Mendagri di Palembang, Kamis (15/3).

Lebih lanjut dia mengatakan, jadi bila pengawasan hanya dibebankan pada aparat kepolisian dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris saja maka itu tidak maksimal.

"Coba bayangkan jumlah ormas ribuan yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota maka sulit untuk diawasi bila hanya dibebankan pada aparat kepolisian dan BNPT saja," kata menteri.

Sehubungan itu pihaknya minta kepada kepala daerah mengawasi perkembangan ormas tersebut supaya sejalan dengan idiologi Pancasila. Dia mengatakan, begitu juga seluruh lapisan masyarakat perlu berperan serta dalam menjaga NKRI.

"Oleh karena itu pengawasan sangat penting supaya NKRI semakin kuat," ujar dia.

Mendagri mengatakan, NKRI harus semakin kuat dan itu harus dijaga bersama dengan menjaga kesatuan dan persatuan. Lebih lanjut dia mengatakan, jadi peran kepada daerah sangat diutamakan dalam menjaga negara kesatuan.

"Yang jelas NKRI harus selalu kuat yang itu perlu dijaga bersama," ujar dia. Sebagaimana berdasarkan data jumlah ormas di Indonesia mencapai 371.757 yang tersebar diseluruh Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement