Sabtu 10 Mar 2018 22:21 WIB

Diangkut Lewat Laut, Gerbong LRT Palembang Tiba Akhir Maret

Uji coba kereta akan dilakukan pada April 2018.

Rep: Maspril Aries/ Red: Karta Raharja Ucu
Kereta Cepat (ilustrasi)
Foto: Republika/willy
Kereta Cepat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Waskita Karya merencanakan uji coba kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang pada April 2018. Sebelumnya dijadwalkan kedatangan gerbong kereta LRT dari Madiun akan tiba di Palembang pada akhir Maret 2018.

Untuk membawa gerbong dari kereta LRT yang dibuat PT INKA di Madiun skenarionya sarana LRT Palembang akan diatrik menggunakan lokomotif dari Madiun menuju stasiun Pasoso di Tanjung Periuk, Jakarta. Dari pelabuhan Tanjung Periuk diangkut menggunakan kapal pelabuhan Boombaru, Palembang. "Dari pelabuhan Boombaru dibawa ke depo menggunakan kendaraan multi axle," kata Suranto pejabat pembuat komitmen LRT Ditjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan, Sabtu (10/3).

Menurut Suranto, dijadwalkan sarana LRT berupa gerbong tersebut dijadwalkan akhir Maret 2018 sudah tiba di Palembang. Kemudian pada April akan dilaksanakan uji coba sebelum dilaksanakan sebagai transportasi pada Asian Games XVIII yang akan menghubungkan bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) menuju komplek Jakabaring Sport City (JSC) tempat atlet tinggal dan bertanding pada 18 Agustus 2 September 2018. PT INKA akan membuat dan mengirim kereta LRT sebanyak enam set train, setiap satu set train tersabung dengan tiga gerbong kereta.

Sementara itu Kepala Proyek LRT Palembang PT Waskita Karya Mashudi Jauhari menjelaskan, BUMN tersebut sebagai kontraktor yang membangun jaringan kereta LRT Palembang, saat ini pembangunannya sudah mendekati penyelesaian. Menurut Mashudi, progres pengerjaan moda transportasi massal LRT di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan tersebut, telah mencapai 88 persen dan akan selesai sebelum Asian Games 2018 berlangsung. Pengerjaan berjalan sesuai target, Juni mendatang semua pekerjaan dipastikan akan rampung, katanya.

Khusus untuk pemasangan rel LRT menurut Mashudi telah mencapai 97 persen. Setelah pengerjaan rel selesai pada April 2018 PT Waskita Karya akan melaksanakan uji coba. "Uji coba akan dilaksanakn internal antara PT Waskita Karya dengan pihak owner," kata Mashudi.

"Uji coba," kata Mashudi melanjutkan, "kita rencanakan April mendatang setelah gerbong tiba yang dijadwalkan akan sampai di Palembang akhir Maret 2018. Kemudian uji coba dilaksanakan setelah dua pekan kereta tiba."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement