Selasa 06 Mar 2018 16:47 WIB

Banjir Rendam Rumah dan Sawah di Lampung Utara

Sedikitnya lima kecamatan terendam banjir, akibat Sungai Way Rarem meluap.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Bayu Hermawan
Sawah kebanjiran
Foto: Imam Budi Utomo/Republika
Sawah kebanjiran

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Hujan deras masih mengguyur wilayah Lampung. Kini giliran Kabupaten Lampung Utara mengalami banjir, Selasa (6/3). Sedikitnya lima kecamatan terendam banjir, akibat Sungai Way Rarem meluap, setelah hujan mengguyur kabupaten tersebut, Senin (5/3) malam.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Republika.co.id, Selasa (6/3), ketinggian air di pemukiman penduduk mencapai satu meter, sedangkan sawah dan perkebunan juga terendam banjir luapan air sungai. Belum diperoleh konfirmasi korban jiwa dan kerusakan akibat banjir tersebut, namun jalan lintas Sumatra di wilayah Banjar Agung, Kecamatan Agung Timur, Lampung Utara, juga terendam banjir dan menghambat arus lalu lintas.

Menurut Karman, warga Kotabumi, banjir merendam jalan lintas Sumatra dan jalan-jalan pemukiman penduduk yang terhubung antardesa. Akibatnya, akses lalu lintas terhambat. ''Ini banjir karena luapan Sungai Way Rarem karena curah hujan tinggi semalaman kemarin hingga dini hari,'' ujarnya.

Ia memperoleh konfirmasi dari warga setempat bahwa jalan lintas Sumatra mengalami lumpuh karena kendaraan tidak berani melintas karena ketinggian air mencapai lutut orang dewasa, membuat pengemudi kendaraan khawatir terjebak kendaraannya. Untuk sementara arus lalu lintas di jalan lintas sepi sekarang ini, ujarnya.

Lima desa yang tersebar di Kecamatan Abung Timur mengalami banjir setinggi satu meter. Air memasuk rumah-rumah warga dan sawah penduduk, karena luapan air sungai yang melintasi desa mereka.

Meski banjir sudah setinggi satu meter, namun warga masih bertahan di rumahnya dan sebagian membuat tempat darurat sebagai tempat pengungsian sementara misalnya di perkebunan warga yang tinggi dan terbebas banjir.

Kepala Seksi Kebencanaan BPBD Lampung Utara Imri membenarkan banjir telah merendam beberapa kecamatan di Kabupaten Lampung Utara pada Selasa. BPBD mendata sementara, banjir merendam rumah, sawah, dan perkebunan penduduk. Petugas BPBD telah mengupayakan pengungsian bagi warga yang rumahnya terendam banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement