Senin 05 Mar 2018 21:05 WIB

Deddy Mizwar akan Permudah Izin dan Sejahterakan Pekerja

Agar akselerasi peningkatan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan cepat

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memastikan pihaknya akan mempermudah perizinan untuk mendorong iklim investasi di Provinsi Jabar. Sehingga berujung pada kesejahteraan buruh dan masyarakat. Deddy Mizwar mengungkapkan salah satu janji pihaknya bersama Dedi Mulyadi adalah memberikan kemudahan bagi para pengusaha dalam berinvestasi terutama dari sisi kemudahan perijinan berinvestasi.

"Investasi sangat penting dalam perekonomian masyarakat, jadi perijinan investasi itu jangan dipersulit, harus dipermudah," ujar Deddy Mizwar yang akrab disapa Demiz saat bersilaturahim dengan para pekerja di PT Pungkook Indonesia di Pabuaran Subang, dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (5/3).

Menurut Demiz, arus investasi sangatlah penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Namun, saat ini iklim investasi masih kurang optimal, mengingat masih sulitnya pengusaha dalam memperoleh perizinan di daerah. "Saat ini pengusaha masih kesulitan untuk memperoleh perizinan, bahkan pengurusan perijinan investasi sangat lama, ada yang sampai 600 hari. Seharusnya prosesnya itu cepat," katanya.

Demiz menilai hal tersebut perlu dibenahi agar akselerasi peningkatan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan cepat. Jadi, ia meminta para kepala daerah, dinas penanaman modal, jangan memperlambat perizinan investasi kalau ingin masyarakatnya sejahtera.

Kondusivitas iklim investasi tersebut, kata dia, sangatlah erat hubungannya dengan kesejahteraan para buruh. Namun di sisi lain, ini perlu diimbangi para buruh dengan meningkatkan skill dan kemampuannya. Termasuk juga memiliki sertifikasi keahlian."Uji kompetensi sangat penting, sehingga SDM pun memiliki daya saing, baik itu di dalam negeri maupun diluar negeri," katanya.

Dalam kunjungannya ke pabrik PT Pungkook Indonesia di Pabuaran Subang Demiz menyempatkan untuk berdialog dan menyapa para pekerja. Seperti kunjungannya ke sejumlah lokasi di daerah lain, di pabrik tersebut Demiz pun disambut dengan antusias.

Di tempat yang sama Adipati Serikat Pekerja Mandiri PT Punkook Indonesia, Hasan Nurdin, pihaknya sangat mengapresiasi kehadiran calon gubernur nomer urut 4 tersebut ke tempat kerjanya. Karena, Demiz pun rela menyempatkan waktunya untuk bertemu dengan para pengurus serikat pekerja mandiri. "Ini sangat luar biasa, baru pertama kali ada pejabat yang datang kesini dan menyapa kita semua, bahkan beliau (demiz) pun mau mendengarkan aspirasi dan curhatan kita semua," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement