Senin 05 Mar 2018 08:05 WIB

Sukabumi Optimal Pertahankan Piala Adipura

Pemkab meminta ASN mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Piala Adipura
Foto: Antara
Piala Adipura

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya mempertahankan piala Adipura yang diraih pada 2017 lalu. Caranya dengan meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

"Saya mengimbau kepada seluruh ASN harus mampu mempertahankan raihan prestasi kebersihan piala Adipura yang di peroleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi," ujar Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Adjo Sardjono, Senin (5/3). 

Di antaranya, lanjut dia, dengan mengajak masyarakat di lingkungan masing-masing maupun di lingkungan tempat bekerja agar bisa menjaga kebersihan. Hal yang sederhana ungkap Adjo, dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun hal-hal yang bisa membuat kotor lingkungan. Ia mengatakan Sukabumi sudah memperoleh piala Adipura dan diharapkan jangan sampai lepas.

Kalau pun lepas, kata Adjo, hal itu bukan berarti tidak lebih baik. Sebab sambung dia hal ini merupakan sebuah tantangan yang harus di lewati dan di perbaiki dalam masa yang akan datang.

Terlebih jika menjaga kebersihan maka akan menunjang peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Di sisi lain ia juga mengajak warga untuk meningkatkan pola hidup sehat seperti menggalakan program Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas).

Kegiatan ini menurut Adjo, bisa berdampak pada banyak hal seperti kesehatan terjaga, aktivitas semakin produktif, dan lingkungan bersih. Lebih lanjut ia menerangkan ada tujuh langkah yang bisa di lakukan dalam membiasakan pola hidup sehat. Di antaranya dengan melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement