Sabtu 03 Mar 2018 15:13 WIB

Pemandu Wisata Padang Dilatih Penangananan Kecelakaan

Pelatihan diisi oleh PMI dan BPBD.

Ilustrasi.
Foto: ANTARA
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  PARIT MALINTANG, SUMBAR -- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, membekali pemandu wisata pelatihan terpadu penanganan kecelakaan.

"Pelaksanaan pelatihan diisi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman pada 1-2 Maret 2018 ," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman Jon Kenedi di Parit Malintang, Sabtu (3/3).

Ia mengatakan pelatihan yang dilakukan berisi materi dan praktik dalam menangani korban tenggelam dan kecelakaan lainnya. Tujuan pelatihan tersebut agar pemandu wisata dapat cepat menangani wisatawan yang mengalami kecelakaan baik karena terjatuh maupun tenggelam di lokasi minat khusus.

Dengan adanya tindakan cepat tersebut maka dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan dari kecelakaan yang dialami wisatawan, katanya.

Ia mengatakan pada pelaksanaan pelatihan tersebut, pihaknya juga menyeleksi pemandu wisata sehingga kualitas kemampuan dan psikologis pramuwisata di daerah itu akan semakin baik. "Dan kita juga akan memperketat aturan yang ada," ujarnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata Lubuk Alung Advanture Ritno Kurniawan mengatakan pelatihan tersebut diikuti oleh 50 peserta dari pemandu wisata Lubuk Nyarai.

"Pelatihan ini sangat kami butuhkan karena selain menambah pengetahuan pemandu juga sebagai pendukung objek minat khusus sehingga dapat menjamin keselamatan wisatawan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement