Kamis 01 Mar 2018 20:16 WIB

Menteri Siti Nurbaya Ungkap Rahasianya Sukses Berkarier

Komitmen dengan suami membuat keluarganya pengertian dengan jabatan Siti.

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Indira Rezkisari
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya melambaikan tangan usai bertemu pimpinan KPK di gedung KPK, Jakarta, Senin (19/2).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya melambaikan tangan usai bertemu pimpinan KPK di gedung KPK, Jakarta, Senin (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKAL PINANG -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya kerap tampil garang saat berhadapan dengan isu kebakaran hutan. Ternyata ia hobi memasak dan menjahit seperti banyak perempuan lainnya.

Sayangnya, hobi tersebut tidak lagi dijalankan karena kesibukannya sebaga menteri. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi kualitasnya untuk tetap bercengkerama dengan keluarga di waktu luang.

Kerap kali Siti yang menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini meluangkan waktu untuk jalan-jalan bersama cucunya. Dalam talkshow bertema 'Perempuan Inspiratif' yang digelar Kementerian PPPA di Pangkal Pinang (1/3), Siti menceritakan kisah hidupnya sebagai motivasi kepada para peserta yang mayoritas terdiri dari perempuan ini.

Ia mengatakan, pengalamannya bekerja sejak menjadi sekretaris jenderal hingga menteri saat ini telah memberikan banyak pembelajaran. Sehingga menjadikannya lebih matang dalam mengambil suatu keputusan.

Menjadi wanita karier bukanlah hal buruk. Apalagi saat ini banyak kesempatan bagi kaum perempuan untuk maju dan berkembang. Siti mengajak semua perempuan untuk tetap optimistis dalam menjalani perannya dan memiliki cita-cita yang tinggi.

Ada cara jitu yang dilakukan Siti untuk menjalani kodratnya sebagai seorang istri dan ibu dengan berbagai kesibukan. Kuncinya adalah komitmen kuat dengan pasangan sejak awal menikah. Hal tersebut membuat pasangan dan keluarga sangat pengertian dengan posisinya saat ini.

"Saling menghormati dan kejujuran lah yang menolong kita selamat dalam perjalanan hidup, sedapat mungkin harus tidak punya rahasia (dalam kehidupan, red)," ujarnya. Rasa saling menghormati tersebut yang mampu membawa hubungan Siti dan Rusli Rachman harmonis di usia pernikahan yang kini mencapai 38 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement