Jumat 23 Feb 2018 06:53 WIB

Basarnas Bandung Bantu Pencarian Korban Longsor Brebes

Bantuan personel dan peralatan sesuai permintaan Basarnas Semarang.

Sejumlah warga memperhatikan jalan longsor di Desa Sendanghela, Brebes, Jawa Tengah, Senin (23/1).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Sejumlah warga memperhatikan jalan longsor di Desa Sendanghela, Brebes, Jawa Tengah, Senin (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung, Jawa Barat menerjunkan personel berikut peralatannya untuk membantu mencari dan mengevakuasi para korban bencana tanah longsor di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/2). Koordinator Humas dan Protokoler Kantor Basarnas Bandung Joshua Banjarnahor, Jumat (23/2) mengatakan bantuan personel dan peralatan itu sesuai permintaan Basarnas Semarang.

"Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung memberangkatkan satu tim rescue dari Pos Pencarian dan Pertolongan Cirebon untuk melaksanakan operasi SAR," katanya.

Ia menuturkan, tim Basarnas Bandung sudah terjun ke lokasi longsor kawasan hutan produksi milik Perhutani di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes. "Tim kini di lokasi sedang melakukan asesmen dan pencarian," katanya lagi.

Joshua menyampaikan, selain jajaran Basarnas, ada juga petugas gabungan dari TNI dan Polri yang melakukan pencarian korban longsor. Khusus dari Basarnas Bandung, Joshua mengatakan, menurunkan kendaraan excavator spider untuk memudahkan pencarian korban dalam timbunan tanah. "Kantor SAR Bandung menurunkan armada excavator spider untuk melakukan pencarian korban longsor di Salem, Brebes," katanya pula.

Joshua menyampaikan, hasil laporan yang diterima Basarnas terdapat 18 orang hilang dalam bencana alam itu. Kemudian korban yang mendapatkan perawatan medis 14 orang. "Adapun data korban meninggal dunia yang sudah diketemukan lima orang," katanya lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement