Selasa 20 Feb 2018 18:56 WIB

Kondisi Balita yang Ditelantarkan di Sawah Mulai Membaik

Anak tersebut sudah mulai mau berinteraksi dengan orang lain

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro melihat balita yang ditelantarkan di sawah yang kini dirawat di Panti Asuhan Muslimin Sukmawinata Sukabumi Selasa (20/2).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro melihat balita yang ditelantarkan di sawah yang kini dirawat di Panti Asuhan Muslimin Sukmawinata Sukabumi Selasa (20/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro mengecek langsung kondisi anak yang ditemukan ditelantarkan di tengah sawah, Selasa (20/2). Saat ini anak berusia dua tahun itu sudah dititipkan di Panti Asuhan Muslimin Sukmawinata.

"Kami mengecek kondisi terakhir Puput selama dirawat dalam dua hingga tiga hari terakhir ini," ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro yang datang ke Panti Asuhan Muslimin Sukmawinata Jalan Jenderal Sudirman.

Dari hasil pantauannya, anak tersebut mengalami perkembangan yang cukup baik. Padahal sebelumnya, anak yang diketahui bernama Puput itu jarang mau bertemu dengan orang lain. Tapi kini anak tersebut sudah mulai mau berinteraksi dengan orang lain dan bermain dengan teman sebayanya di panti.

Dalam kesempatan itu pula, Susatyo memberikan hadiah pada anak tersebut. Harapannya kondisi anak tersebut semakin membaik. Di sisi lain tutur Susatyo, polisi juga masih menyelidiki kasus penelantaran anak dengan memeriksa sejumlah saksi.

"Kami juga berharap kalau orang tua sadar agar segera bisa mengambil putrinya," imbuh dia.

Namun ujar Susatyo, kalau disengaja ditelantarkan, maka polisi akan melakukan penegakan hukum terkait penelantaran anak. Bagaimanapun, kata dia, setiap anak memiliki hak hidup dan hak dibesarkan oleh orangtuanya.

"Kami berupaya mengungkap siapa orang tuanya dan masih dalam penyelidikan," imbuh Susatyo.

Saat ini polisi telah mendapatkan beberapa informasi yang diterima yang masih memerlukan pendalaman.

Sebelumnya seorang balita yang sering dipanggil Puput berusia sekitar dua hingga tiga tahun di temukan warga berada di tengah sawah pada Jumat (16/2) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Lokasi penemuan balita tersebut tepatnya di Kampung Benteng Kidul, RT 01 RW 01 Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement