Rabu 14 Feb 2018 22:31 WIB

Ini Nama yang Dipilih untuk Kereta Api Bandara Minangkabau

Kereta api Bandara Internasional Minangkabau ini ditargetkan beroperasi April 2018.

Bandara Minangkabau
Foto: wikipedia
Bandara Minangkabau

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jalur kereta bandara akan segera dibuka di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menetapkan Minangkabau Ekspres sebagai nama Kereta Api (KA) BIM.

Saat ini KA BIM masih dalam masa uji coba di Madiun, Jawa Timur. "Nama itu dipilih dari tiga nama yang telah disiapkan," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran di Padang, Rabu (14/2).

Ia menyebutkan itu terkait rencana operasional Kereta Api BIM. Tiga nama yang sebelumnya disiapkan adalah Pedati Expres, Ranah Minang Expres dan Minangkabau Expres.

Amran menambahkan KA itu terdiri dari lima rangkaian gerbong dengan kapasitas angkut 200 orang. "Sekarang masih dalam tahap uji coba. Nanti sampai di Padang juga ujicoba dulu sebelum digunakan untuk melayani masyarakat," ujar dia.

Sebelumnya telah melansir foto kereta api bandara tersebut dan tersebar cepat melalui media sosial. Foto itu diambil ketika kereta melaju saat uji coba menuju Gundi Jawa Tengah dari Stasiun Kereta Api Madiun, Jawa Timur, Kamis (1/2).

PT Industri Kereta Api (Inka) melakukan uji coba internal satu dari tiga rangkaian kereta api yang akan dioperasikan di BIM Sumbar dan Bandara Adi Soemarmo Solo. Pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu diuji dengan membawa beban maksimal guna mengetahui kemampuan daya dorong dan angkut sebelum diserahkan kepada pemesan.

Rencananya rangkaian kereta api itu akan sampai di Sumbar pada Maret dan beroperasi April 2018.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement