Rabu 14 Feb 2018 19:33 WIB

Kawasan Sawangan akan Dikembangkan untuk Potensi Pertanian

Sektor pertanian bisa mengurangi angka pengangguran.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Lahan pertanian (ilustrasi).
Foto: VOA
Lahan pertanian (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, sejak lama dikenal memiliki potensi pertanian. Potensi dari usaha pertanian, budidaya tanaman buah, dan tanaman hias ini terus digenjot keberadaannya agar hasilnya bisa mengangkat ekonomi warga Sawangan.

"Kami sadar bahwa Sawangan bukan wilayah industri, tetapi kawasan pertanian. Untuk itu, kami akan mendorong dari segi pertanian agar masyarakat bisa meningkat perekonomiannya," ujar Camat Sawangan Zaenuddin di Balai Kota Depok, Rabu (4/2).

Menurut Zaenuddin, guna menekan dan mengurangi angka pengangguran, akan diupayakan dengan menumbuhkan sisi pertanian. Sehingga pola pikir masyarakat bekerja di bidang pertanian bukanlah suatu masalah, karena hal tersebut juga bisa membantu ekonomi keluarga. "Harus bisa kerja pertanian agar mengurangi angka pengangguran, karena kami bukan wilayah dengan banyak pabrik," ujarnya.

Zaenuddin menjelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut, upaya yang bakal dilakukan di antaranya yakni dengan menggarap lahan tidur. Nantinya pihak Kecamatan Sawangan bakal menjalin komunikasi dengan para pemilik lahan tidur agar dapat dipakai untuk pertanian.

"Saya sudah komunikasi dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sawangan maupun lahan milik pengembang yang masih ditelantarkan, mudah-mudahan ke depan lahan-lahan ini bisa digarap semaksimal mungkin untuk warga Sawangan," kata Zaenuddin berharap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement