Sabtu 10 Feb 2018 15:08 WIB

CeO CeknRicek Menemui BJ Habibie di Munich

Pertemuan awalnya untuk melaporkan perkembangan crowd founding pesawat R80.

CeO CeknRicek.com, Fikar Rizky Mohammad menemui arsitek pesawat R80, BJ Habibie di kediamannya di Munich, Jerman, Kamis (7/2) siang.
Foto: Dokumen pribadi
CeO CeknRicek.com, Fikar Rizky Mohammad menemui arsitek pesawat R80, BJ Habibie di kediamannya di Munich, Jerman, Kamis (7/2) siang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CeO CeknRicek.com, Fikar Rizky Mohammad menemui arsitek pesawat R80, BJ Habibie di kediamannya di Munich, Jerman, Kamis (7/2) siang. Pertemuan awalnya untuk melaporkan perkembangan crowd founding pesawat R80 melalui kegiatan Diaspora Summit yang diselenggarakan CNR di seluruh dunia. Namun pertemuan Fikar dengan Presiden ketiga RI itu nyatanya berlangsung berlangsung hingga tiga jam.

Bukan hanya merestui serta menyambut gembira prakarsa CeknRicek.com, BJ Habibie mendiskusikan banyak hal dengan Fikar. "Bukan hanya soal pesawat R80. Tapi kami terlibat diskusi banyak hal. Sebagai generasi muda semua hal yang disampaikan Pak Habibie mencerahkan," kata Fikar setiba di Tanah Air, Sabtu (9/2) siang.

Bagi Fikar, pertemuan dengah BJ Habibie telah menuntaskan pelbagai aspek untuk segera melaksankan Diaspora Summit CeknRicek.com untuk Pesawat R80. Ia mengungkapkan, banyak momen-momen istimewa dalam pertemuan itu.

Habibie, kata Fikar, sempat melepas tawa bahagia ketika Fikar menunjukan data-data dan media tentang pesawat R80. Satu jam terakhir Fikar dan Habibie membahas sebuah wacana yang dilemparkan Fikar.

“Bagaimana bila kita kembangkan R80E Eyang?” tanya Fikar.

“Wah bagus juga ya, coba kita corat-coret dan hitung."

Fikar meyakinkan Habibie bahwa teknologi ini sangat bisa diterapkan, di mana R80 menggunakan tenaga matahari untuk elektricity Kabin dan Cockpit, walau jet tetap menggunakan bahan bakar fosil. Pertemuan 3,5 jam itu diakhiri dengan makan kue bersama, sembari menyusun langkah langkah manjadikan wacana R80E menjadi blueprint.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement