Jumat 09 Feb 2018 14:22 WIB

Cuaca Cerah, Rumah Ini Tiba-Tiba Longsor, Mengapa?

bencana ini terjadi akibat hujan intensitas tinggi yang terjadi selama beberapa hari.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Rumah salah satu warga Kota Malang longsor pada Jumat (9/2) pagi.
Foto: dok. Humas BPBD Malang
Rumah salah satu warga Kota Malang longsor pada Jumat (9/2) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Cuaca Kota Malang Jumat pagi (9/2) hingga siang terlihat cerah berawan dengan suhu 23 derajat celcius. Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang melaporkan terdapat satu rumah mengalami longsor di bagian halaman belakang.

Kepala BPBD Kota Malang, J Hartono menerangkan, telah terjadi bencana tanah longsor di Jalan Muharto V B RT 05/RW 06, Kotalama. Bagian belakang rumah warga M Cholil longsor pada Jumat (9/2) pukul 09.00 WIB.

Menurut Hartono, bencana ini terjadi akibat hujan intensitas tinggi yang terjadi selama beberapa hari terakhir. Situasi ini menyebabkan bagian belakang rumah M Cholil longsor dengan ukuran sekitar 10 x 4 x 10 meter. "Sehingga, mushala dan bagian dapur rumah longsor ke Sungai Brantas pada sekitar pukul 09.00 WIB," kata Hartono melalui pesan singkat kepada wartawan, Jumat (9/2).

Atas kejadian ini, material longsoran pun jatuh ke Sungai Brantas. Meski tak ada korban jiwa, kerusakan ini menyebabkan kerugian sekitar Rp 60.520.000. Ditambah lagi, mushalah pemilik rumah tak bisa digunakan, termasuk kegiatan memasak yang harus terganggu. "Dan kita sudah nenyarankan penghuni rumah untuk mengungsi karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement