Kamis 08 Feb 2018 17:19 WIB

Anggota DPRD DKI Apresiasi Penanganan Banjir Anies

Banjir mulai menggenangi Jakarta sejak hari Ahad (4/2).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(kiri) melakukan peninjauan ke wilayah yang terkena banjir di Gang Arus, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (6/2).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(kiri) melakukan peninjauan ke wilayah yang terkena banjir di Gang Arus, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Rendhika D Harsono, mengapresiasi kebijakan 'Siaga' Gubernur Anies Rasyid Baswedan dalam upaya penanganan banjir di Ibu Kota saat ini. Banjir mulai menggenangi Jakarta sejak hari Ahad (4/2). Jika mengacu data yang dimiliki BPBD DKI Jakarta ada sekitar 7.228 keluarga atau 11.450 jiwa terdampak banjir pada Selasa (6/2).

Banjir di Ibu Kota meliputi 141 titik, meliputi 141 RT dan 49 RW di 20 kelurahan pada 12 kecamatan di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat. Ribuan rumah terendam banjir. Gubernur Anies langsung memberikan instruksi kepada jajaran Pemprov DKI untuk menangani persoalan banjir itu.

Anies langsung menginstruksikan seluruh jajarannya untuk menjalankan pesan Operasi Siaga Ibu Kota, yaitu Siap, Tanggap, dan Galang. "Kami mengapresiasi langkah-langkah preventif yg dilakukan Pak Anies dan Pak Sandy dalam mengatasi banjir di Jakarta saat ini," kata Rendhika dalam siaran, Kamis (8/2).

Kendati demikian,  Rendhika berpesan, agar masalah banjir itu tetap diatasi secara sistematis dan terpadu, termasuk melibatkan daerah-daerah penyangga Ibu Kota. "Memang perlu disadari bahwa masalah banjir ini tidak bisa hanya dilihat dari sisi Jakarta saja. Penanganan banjir ini juga harus melibatkan wilayah lain secara terpadu, masif, terarah dan sistematis," ujar Rendhika.

Selain mengapresiasi langkah Gubernur Anies dalam penanganan banjir, Rendhika juga tidak lupa  memberikan bantuan berupa bahan pokok di 15 titik banjir Jakarta.

"Kami berikan bantuan berupa sembako dan bahan pokok lain yang dibutuhkan, sebagai bentuk empati kami kepada masyarakat yg terkena dampak banjir," kata Rendhika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement