Senin 05 Feb 2018 18:34 WIB

Minangkabau Summit Kenalkan UMKM Unggulan Sumbar

Minangkabau Summit merupakan satu rangkaian dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Peresmian Minangkabau Summit sebagai salah satu rangkaian agenda Hari Pers Nasional.
Foto: republika/sapto andika candra
Peresmian Minangkabau Summit sebagai salah satu rangkaian agenda Hari Pers Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno (IP) secara resmi membuka 'Minangkabau Summit' 2018 di GOR H Agus Salim, Senin (5/2) Acara yang juga satu rangkaian dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 ini, bermaksud mengenalkan produk unggulan dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kepada masyarakat.

Penyelenggaraan acara ini melibatkan puluhan pelaku UMKM, institusi kementerian, lembaga negara, pemerintah daerah seluruh Indonesia, organisasi di lingkungan Kadin Indonesia, para pelaku usaha BUMN, BUMD, serta swasta nasional dan internasional. IP menyebutkan, HPN 2018 merupakan ajang untuk mempromosikan Sumbar, dikancah nasional maupun internasional. Untuk itu, dalam rangkaian HPN ini Sumbar memadukan beberapa kegiatan termasuk satunya Minangkabau Summit.

IP menilai, gelaran Minangkabau Summit dalam HPN ini memberikan peluang pada pemerintah daerah, pusat dan para pelaku usaha untuk mengembangkan potensinya dalam akses pasar prioritas pembangunan nasional.

"Pelaku usaha dapat menmpromosikan usahanya, nantinya dapat dilihat langsung masyarakat. Sehingga, nanti kita harapkan ada transaksi atau kerja sama lain," katanya usai membuka Minangkabau Summit 2018 di GOR H Agus Salim Kota Padang, Senin (5/2).

Produk UMKM yang ditawarkan dalam Minangkabau Summit pun beragam, mulai dari produk kuliner, produk kerajinan, hingga penawaran-penawaran menarik dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Sumbar dan instansi pemerintah.

Selain Minangkabau Summit, Pemprov Sumbar juga menggelar Forum Investasi Sumatra Barat yang akan digelar pada Kamis (8/2) mendatang. Acara ini bakal dihadiri tak kurang dari 24 perwakilan dari Kedutaan Besar negara-negara sahabat yang dipadang potensial sebagai calon investor. IP juga dijadwalkan untuk memaparkan potensi investasi di Sumatra Barat kepada perwakilan negara sahabat dan duta besar yang hadir.

Terdapat tiga sektor unggulan yang bakal dipromosikan dalam forum investasi nantinya, yakni pariwisata, energi baru terbarukan, dan perikanan. Dari ketiganya, sektor pariwisata akan paling 'habis-habisan' ditawarkan kepada calon investor. Apalagi Sumatra Barat memang lagi gencar-gencarnya membangun branding wisata halal dalam dua tahun belakangan.

Gubernur Sumbar IP menyebutkan, pariwisata memang menjadi fokus utama yang ingin dikenalkan kepada ribuan insan pers yang akan hadir di Sumatra Barat nanti. Bahkan Pemprov Sumbar akan mengantar rombongan wartawan seantero Nusantara untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata unggulan yang ada.

"Kami ingin, HPN sekaligus promosikan daerah kita. Nantinya masyarakat juga yang diuntungkan," ujar IP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement