Jumat 26 Jan 2018 22:14 WIB

Mulai Februari, Gerbang Tol Ciledug Dibuka

Rencananya akan ada dua gerbang tol di pintu keluar Ciledug tersebut.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas mempersiapkan prasarana pendukung pengoperasian ruas tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) di Gerbang Tol Ciledug I, Jakarta (ilustrasi)
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Petugas mempersiapkan prasarana pendukung pengoperasian ruas tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) di Gerbang Tol Ciledug I, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Ruas jalan tol Kanci-Pejagan akan menambah gerbang tol baru di daerah Ciledug, Kabupaten Cirebon. Pembukaan gerbang tol itu dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan pembangunan di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

"Gerbang tol Ciledug akan dibuka perkiraan Februari nanti," ujar Kepala Cabang Jalan Tol Kanci-Pejagan-Pemalang, Zumarlyan Iskandar, Jumat (26/1).

 

Zumarlyan menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan kondisi fisik di lapangan. Mulai dari gerbang tol hingga rambu-rambunya. Rencananya akan ada dua gerbang tol di pintu keluar Ciledug tersebut.

 

Zumarlyan mengungkapkan, lalu lintas kendaraan yang melewati gerbang tol Ciledug sebenarnya tidak terlalu ramai. Diperkirakan kurang dari 200 kendaraan per hari. Karenanya, saat jalan tol Kanci-Pejagan dioperasikan beberapa tahun yang lalu, gerbang tol Ciledug tidak dibuka.

 

Namun, Zumarlyan mengatakan, Pemkab Cirebon kemudian meminta agar gerbang tol Ciledug dibuka untuk meningkatkan pertumbuhan pembangunan dan perekonomian di wilayah timur Kabupaten Cirebon. Menanggapi permintaan itu, mereka pun mengusulkan kepada Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT)agar gerbang Ciledug bisa dibuka. "Setelah disetujui, kami lakukan persiapan untuk pembukaannya," terang Zumarlyan.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Abraham Mohammad, menyatakan, dibukanya gerbang tol Ciledug diyakini akan menopang perekonomian masyarakat dan pengembangan kawasan industri di Ciledug. "Sejumlah piranti pendukung saat ini sudah terpasang di gerbang tol itu," kata Abraham.

 

Namun, Abraham mengakui, sejumlah penunjang akses di gerbang tol Ciledug masih butuh peningkatan. Seperti misalnya penerangan jalanumum (PJU) dan rambu-rambu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement