Ahad 21 Jan 2018 10:39 WIB

PDIP: Tak Ada di Prolegnas, Belum Ada Sikap Fraksi Soal LGBT

Belum ada RUU tentang LGBT di DPR.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi komunitas LGBT India
Foto: EPA/NATHAN G.
Ilustrasi komunitas LGBT India

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Utut Adianto memastikan hingga saat ini belum ada rancangan undang-undang (RUU) yang terkait perilaku lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di program legislasi nasional (prolegnas) DPR. Karena belum ada di prolegnas, kata dia, berarti belum ada sikap fraksi terkait LGBT.

"Yang saya tahu, belum ada di prolegnas. Kalau belum ada di prolegnas, itu kan berarti belum ada sikap fraksi. Jadi kalau saya disuruh nanggepin ya kan kita enggak tahu," kata dia kepada Republika.co.id, Ahad (21/1).

Utut pun mengaku tidak mengerti terhadap apa yang disampaikan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan soal lima fraksi yang menyetujui LGBT. "Kan sulit kita menanggapi, yang dia omong apa saja kita enggak ngerti ya. Tapi saya pastikan di prolegnas belum ada," kata dia.

Zulkifli saat di Surabaya menyatakan bahwa ada lima fraksi yang menyetujui LGBT. Sontak pernyataan tersebut menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai kalangan. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun terkejut dengan informasi tersebut.

Sementara, Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo juga membantah pernyataan Zulkifli itu. Ia menegaskan DPR belum memiliki rencana membahas RUU LGBT.

Sampai sekarang, DPR belum pernah membahas RUU tersebut. Bahkan, menurut Firman, hampir seluruh fraksi menolak untuk dimasukan ke dalam daftar prolegnas, baik prioritas ataupun jangka menegah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement