Senin 08 Jan 2018 15:17 WIB

Derita Kanker Mata, Anak di Pulau Bawean Butuh Bantuan

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda
Dani bersama ibunya, berharap mendapat uluran bantuan pengobatan untuk kanker mata yang dideritanya.
Foto: Dok Pemuda Desa Sukaoneng
Dani bersama ibunya, berharap mendapat uluran bantuan pengobatan untuk kanker mata yang dideritanya.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Seorang bocah malang di sebuah pulau terpencil, Pulau Bawean harus menahan rasa sakit akibat benjolan di mata sebelah kirinya. Keluarganya mengharapkan uluran tangan dari para dermawan untuk membantu biaya pengobatannya.

Anak tersebut bernama Moh Danil Syaputra, bocah berusia 2,5 tahun ini lahir dari pasangan Hanasi dan Mabrurah. Keluarga ini menghuni sebuah rumah kecil di Dusun Tambilung, Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Ketua Pemuda Desa Sukaoneng yang kepedulian terhadap kondisi anak tersebut, Syahirul Al-Amin mengatakan bahwa berdasarkan keterangan dokter, Danil mengalami retinoblastoma atau kanker mata. Karena itu, Syahirul mengajak seluruh masyarakat untuk meringankan beban orang tuanya.

"Kita ingin meringankan beban orang tuanya, karena kebutuhan biaya operasi kanker mata ananda Moh Danil Syaputra butuh biaya besar," kata Syahirul kepada Republika.co.id, Senin (8/1).

 

Keluarga pun sudah pernah membawa Danil ke rumah sakit untuk diperiksa, namun karena kekurangan biaya akhirnya urung dioperasi. Dokter lalu meminta keluarga Danil untuk membuat BPJS dan membawa anak itu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih serius.

Namun, karena obatnya tidak termasuk dalam BPJS, keluarga harus mengeluarkan uang untuk obat yang harganya sampai jutaan rupiah. Karena itulah keluarga tidak sanggup, terkendala sama uang. Melihat kondisi Daniel saat ini, keluarga berharap ada bantuan yang datang dari para donatur. Mereka berharap ada dermawan yang bersedia membantu pengobatan putranya.

Pemuda Desa Sukaoneng, mahasiswa PMII Bawean dan HMI Bawean sendiri telah melakukan gerakan penggalangan dana untuk Danil dan berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp Rp 7.440.000. Bantuan serupa juga diharapkan datang dari elemen masyarakat lainnya di seluruh Indonesia, termasuk dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

Sementara, Warga Bawean yang berada di tanah rantau juga tengah melakukan penggalangan dana yang bisa disalurkan melalui rekening salah satu perkumpulan orang Bawean, atas nama Persatuan Saudagar Bawean nomor rekening 002-601-001-685-304.

Sekjen Persatuan Saudagar Bawean (PSB), Akhmad Fatah Yasin(Afys) megatakan, PSB sudah sering sekali melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat Bawean yang memang perlu dibantu. "Kami berharap donasi bisa disalurkan melalui kami agar bisa lebih manfaat. Kami buatkan laporan tertulis. Penyerahannya kami buatkan berita acara," katanya saat dikonfirmasi.

Jika sudah transfer, masyarakat bisa konfirmasi pada pengurus Persatuan Saudagar Bawean ini 0812-3494-2662 (Akhmad Sahe). Donasi akan ditutup tanggal 12 Januari 2018 pukul 12.00 WIB.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement