Senin 08 Jan 2018 14:54 WIB

PKB Serahkan Pengganti Azwar Anas pada PDIP

Rep: Mabruroh/ Red: Bayu Hermawan
Anggota Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Anggota Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyerahkan keputusan soal pengganti Azwar Anas di Pilkada Jawa Timur, ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Azwar Anas memutuskan mengundurkan diri dari posisi cawagub untuk mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilkada Jawa Timur.

"Sekali lagi bahwa pengganti Mas Anas itu adalah kewenangan dari PDIP. Jadi kami di PKB menunggu PDIP," ujar Wasekjen PKB Maman Imanulhaq, Senin (8/1).

Maman melanjutkan, namun simulasi beberapa calon berdasarkan masukan dari masyarakat sudah dilakukan. Di antaranya seperti munculnya nama Walikota Surabaya Risma.

Selain Risma, Maman mengatakan ada nama-nama lain seperti Eva Sundari dan Ida Fauziah. Risma sendiri, sudah dengan tegas menolak untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018.

"Ada Bu Risma ya walaupun mengundurkan diri, ada Bu Eva Sundari, ada Bu Ida Fauziah," katanya.

Maman mengatakan siapapun yang terpilih, yang penting Cawagub tersebut memiliki persyaratan seperti yang dimiliki oleh Azwar Anas. Yakni seorang nasionalis, memiliki prestasi, dan mampu mendongkrak kemenangan PKB- PDIP dalam Pilgub Jatim 2018.

Hanya saja mengenai nama-nama tersebut, Maman akui memang belum ada respon dari PDIP. Mungkin kata dia, nanti di detik-detik terakhir sebelum pendaftaran PDIP akan memutuskan siapa bakal wakil gubernur yang menjadi pasangan Gus Ipul nanti.

"Kayaknya nanti, last minute ya," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement