Senin 08 Jan 2018 10:21 WIB

Rapat Pagi, Sandiaga dan Rini Bahas Pembangunan Jakarta

Rep: Sri Handayani/ Red: Nur Aini
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berolah raga bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sebelum melakukan rapat tertutup pada Senin (8/1). Mereka membahas masalah transportasi, terutama elevated loopline yang akan diterapkan di DKI.

"Bertemu dengan Bu Menteri kita ingin percepat pembangunan infrastruktur, tentang TOD, dan ada juga satu yang sangat-sangat krusial yaitu elevated loopline," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/1).

Sandiaga mengatakan konsep elevated loopline akan mulai diinisiasi tahun ini. Ia memastikan akan ada kerja sama antara Pemprov DKI dan PT KAI untuk mempercepat proyek ini. Berkas-berkas yang diperlukan juga telah diterbitkan.

"Jadi kita ingin mempercepat bersama dengan PT KAI karena berkasnya sudah diterbitkan. Jadi Pemprov bersama PT KAI akan ambil inisiatif untuk pastikan. Karena banyak sekali persimpangan yang mengakibatkan kemacetan," ujar politikus Gerindra ini.

Dalam konsep ini, jalur lingkar tak sebidang kereta api atau biasa disebut loopline akan dibangun melayang (elevated). Hal ini berfungsi untuk menghindari kekacauan lalu lintas. "Jadi kita akan angkat lintasan kereta ini dalam konsep elevated loopline, mudah-mudahan tahun ini bisa mulai diinisiatifkan," kata dia.

Mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini menambahkan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan segera memulai kajian perancangan konstruksi awal (detail engineering design/DED). Ia berharap konsep ini akan menghasilkan integrasi yang lebih baik.

Menurut Rini, dalam pertemuan itu juga dibahas percepatan berbagai proyek di DKI. Transportasi memang menjadi permasalahan utama, terutama penerapan konsep mixused di stasiun-stasiun dan area penjualan yang bisa dikembangkan. "Jadi, apakah BUMN juga bekerja sama dengan BUMD. Jadi, kita membicarakan banyak hal ya," ujar Rini di Pecenongan, Jakarta Pusat.

Rini dan Sandiaga mengagendakan kegiatan bersama ini sekitar pukul 05.30 WIB di kawasan silang Monas. Rini mengenakan sepatu kets abu-abu dan kaos lengan panjang biru. Sandiaga memakai jersey putih-merah berlogo DKI Jakarta.

Rini didampingi Sekretaris Kementerian BUMN Imam Aprianto Putro, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang. Usai berjalan bersama di silang Monas, keduanya melakukan rapat tertutup di Rumah Makan Bubur Kwang Tung, Pecenongan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya pada, Jumat (5/1), Sandiaga juga mendatangi Kementerian BUMN untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Jakarta Estate Industrial Pulogadung (JIEP) dan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Persero. Kedua perusahaan itu merupakan patungan antara Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement