Jumat 05 Jan 2018 11:41 WIB

Azwar Anas: Soal Desas-desus, Saya Sudah Biasa

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Azwar Anas
Foto: dok. Republika
Azwar Anas

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bupati Banyuwangi, Sekaligus Calon Wakil Gubernur Jatim Azwar Anas menanggapi isu pengunduran dirinya sebagai cagub. Anas juga menanggapi peredaran foto mirip dirinya, bersama seorang wanita yang beredar lewat media sosial.

Anas mengatakan, semuanya itu tak lain hanya upaya pembunuhan karakternya yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak senang padanya. "Jadi, terkait apa yang jadi desus-desus itu, saya sudah biasa. Perlakuan yang sama persis seperti ini sudah saya terima sejak tahun kedua menjabat ketika saya menerapkan sejumlah kebijakan," kata Anas dalam siaran persnya, Jumat (5/1).

Anas mencontohkan adanya upaya pembunuhan karakter terhadap dia saat mengeluarkan kebijakan. Kebijakan yang dimaksud seperti pelarangan pasar modern, memperjuangkan saham bagi rakyat di sektor pertambangan, dan sebagainya. "Bahkan, saya dilaporkan melakukan kriminalisasi kebijakan karena kebijakan-kebijakan tersebut," ujar Anas.

Anas melanjutkan, selama dia memimpin Banyuwangi sudah sering ditemui upaya-upaya yang mencegahnya mengambil kebijakan tertentu. Bahkan, Anas juga mengaku sering dikirimi macam-macam gambar di masa lalu untuk mencegahnya mengambil kebijakan-kebijakan tertentu. "Bahkan saya juga dikirimi macam-macam gambar di masa lalu untuk mencegah saya mengambil kebijakan-kebijakan tertentu. Tapi, saya tetap lanjutkan apa yang baik bagi orang banyak," kata Anas.

Anas memyadari upayanya membangun daerah, dalam hal ini Banyuwangi, memang penuh risiko di dalamnya. Meski begitu, dia mengatakan, selama menjabat telah banyak perubahan yang dihasilkan di Banyuwangi. Anas pun merasa, keberhasilannya yang ditunjukan di Banyuwangi saat ini adalah berkat dukungan penuh masyarakat. Dukungan penuh tersebut buktinya banyak perubahan di Banyuwangi ke arah yang lebih baik.

"Ya ini saya anggap sebagai risikolah, apa pun yang datang menghadang untuk kebaikan banyak orang seperti program Rantang Kasih yang memberi makanan bergizi tiap hari ke lansia, program uang saku tiap hari bagi pelajar miskin, dan sebagainya. Ya itu sudah biasa kita hadapi jika ada yang menyerang terkait momen politik," kata Anas.

Sebelumnya, secara mengejutkan, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyampaikan keinginan Azwar Anas untuk mundur sebagai calon wakil gubernur yang mendampinginya. Bersamaan dengan itu, banyak beredar pula foto mirip Azwar Anas yang berada dalam mobil tengah bersama perempuan dan ditemani sebotol wine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement