Jumat 05 Jan 2018 02:31 WIB

Gandeng IWAPI, Wagub DKI Ingin Memajukan Pengusaha Perempuan

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin partisipasi perempuan dalam membangun perekonomian, ditingkatkan selama dirinya menjabat sebagai pemimpin Ibu Kota. Salah satu bentuknya adalah menjaga kerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Sandiaga mengatakan, peran perempuan di bidang wirausaha menjadi sangat sentral. Selama melakukan kebijakan-kebijakannya, ia sering menemukan pengusaha kecil yang didominasi oleh perempuan. Terkait hal tersebut, Sandi ingin lebih memperhatikan pengusaha perempuan.

"Dari kebijakan Pemprov seperti penataan Tanah Abang kebanyakan melibatkan pengusaha perempuan. Jadi kita butuh pelatihan dari IWAPI bekerjasama dengan OK OCE untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengusaha khususnya pengusaha mikro," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/1).

Salah satu rencana ke depan terkait mendorong kemajuan pengusaha perempuan adalah penjualan souvenir Asian Games 2018. Menurut Sandiaga, hal tersebut tidak hanya membantu UKM tetapi juga meningkatkan kemeriahan Asian Games yang segera diselenggarakan.

"Beberapa inisiatif adalah bagaimana membuat merchandise untuk Asian Games. Mencoba bagaimana UMKM bekerjasama dengan IWAPI, supaya kemeriahan Asian Games terasa dari segi merchandise, yang bisa meningkatkan animo masyarakat terhadap Asian Games," tambah dia.

Sandiaga juga menambahkan, IWAPI dapat membangun perekonomian di Kepulauan Seribu dengan membuka cabang di sana. Ia berharap, IWAPI dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan di tempat tersebut khususnya dalam bidang wirausaha.

IWAPI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah bekerjasama sejak 43 tahun yang lalu. Hingga saat ini, anggota IWAPI sejumlah 800 orang. 85 persen di antaranya adalah UMKM, 13 persen usaha menengah, dan 2 persen pengusaha besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement