Jumat 05 Jan 2018 05:35 WIB

Bansos Pangan Mulai Cair Setiap Tanggal 25

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andi Nur Aminah
Khofifah Indar Parawansa
Foto: Republika/Wihdan
Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) memastikan bantuan sosial (bansos) pangan mulai Januari 2018 akan cair setiap tanggal 25. Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bansos pangan dari Kemensos, baik itu bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bansos beras sejahtera (rastra) akan cair setiap tanggal 25.

"Insya Allah (bantuan) akan bergerak mulai 25Januari 2018. Setiap bulan jatuh tanggal 25 keluarga penerima manfaat (KPM) akan terima di masing-masing rumah dan tidak boleh dikenakan pungutan apa pun," ujarnya usai menggelar rapat koordinasi (rakor) tikor bantuan sosial (bansos) pangan 2018 di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, Kamis (4/1).

Dalam kurun waktu satu hingga tiga bulan pertama Kemensos masih menggunakan pengumuman. Kemudian di bulan berikutnya Kemensos berharap penerima bansos pangan telah mengetahui bahwa setiap tanggal 25 setiap bulannya mereka terima bansos pangan. "Setiap bulannya dipastikan penerima BPNTdan bansos pangan rastra terima masing-masing dirumah. Kecuali mereka merasa hanya butuh telur atau besoknya beras pada posisi punya keleluasaan memilih, tapi itu dalam bentuk BPNT," ujarnya.

BPNT akan diberikan bertahap pada Januari untuk 1,2 juta KPM. Kemudian pada Februari 2018 menjadi 2,6 juta, April 2018 menjadi 5 juta. Kemudian pada Agustus-September 2018 sebanyak 7,5 juta, dan pada Oktober-November 2018 diupayakan sudah lengkap 10 juta penerima bantuan pangan. "Sisanya sebanyak 5,6 juta KPM tambahan pada 2019 akan diberikan bertahap," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement