Selasa 02 Jan 2018 18:39 WIB

Kapal Legundi Semakin Diminati Warga Lombok

KMP Legundi
KMP Legundi

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Kapal Legundi milik PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) menjadi moda transportasi alternatif bagi warga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang hendak bepergian ke Pulau Jawa. Warga Lombok bisa memangkas perjalanan dari yang biasanya singgah di Bali untuk kemudian meneruskan perjalanan darat sebelum kembali menyeberang ke Banyuwangi, kini bisa langsung menuju Surabaya, Jawa Timur dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

Supervisi Legundi Cabang Lembar Ketut Suparta mengatakan, animo masyarakat terhadap Kapal Legundi cukup tinggi. Ketut mengatakan, rata-rata tingkat keterisian penumpang sebesar 150 penumpang dari kapasitas yang sebesar 500 penumpang. Menurut Ketut, sejatinya kapasitas penumpang bisa mencapai 800 orang, namun demi kenyamanan dibatasi menjadi 500 penumpang.

"Kalau saat lebaran mencapai 800 penumpang karena tingginya permintaan," kata Ketut di Kantor ASDP Cabang Lembar, Lombok Barat, Selasa (2/1).

Ketut menyebutkan, kehadiran Kapal Legundi juga dimanfaatkan pengusaha logistik mengirimkan barangnya menggunakan kapal ini. Setiap perjalanan, kapal ini biasanya mengangkut 30 truk dan 10 kendaran kecil.

Tarif Kapal Legundi dibandrol dengan harga Rp 82 ribu per orang. Dari Pelabuhan Lembar jadwal Kapal Legundi dua kali sepekan yakni Senin dan Kamis. Sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ke Lombok juga dua kali yakni Selasa dan Sabtu dengan lama perjalanan sekitar 18 jam hingga 20 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement