Ahad 31 Dec 2017 20:42 WIB

Pesona Gili Trawangan, Pilihan Utama Tahun Baru di Lombok

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Suasana hotel ramah Muslim, Villa Bella, di Gili Trawangan, Lombok, NTB.
Foto: Republika/M Nursyamsi
Suasana hotel ramah Muslim, Villa Bella, di Gili Trawangan, Lombok, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA -- Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang berlibur ke Lombok.

Seorang wisatawan asal Solo, Jawa Tengah, Denny Helmiawan (29) mengaku memilih Gili Trawangan menjadi tujuan menghabiskan pergantian tahun. Bersama tiga rekannya, Denny mengaku sudah merencanakan pergi ke Gili Trawangan sejak jauh-jauh hari.

"Ini baru pertama kali ke Gili Trawangan, penasaran saja, kata teman-teman yang pernah ke sini bagus banget," kata Denny di Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB, Ahad (31/12).

Denny pun mengamini pendapat teman-temannya. Sesaat menginjak Gili Trawangan, Denny terpukau dengan keindahan alam, terutama kondisi bawah laut di Gili Trawangan. Selain itu, Denny menilai, suasana di Gili Trawangan begitu nyaman lantaran tidak ada kendaraan bermesin.

"Bagus sekali, pemandangannya indah dan tidak ada hiruk-pikuk seperti di tempat lain," lanjut Denny.

Liburan tahun baru memang melejitkan tingkat okupansi kamar hotel di Gili Trawangan.

General Manager Villa Bella, Andy Haenuri mengatakan, hunian kamar di Villa Bella sudah habis terpesan sejak jauh-jauh hari. Bahkan, tingkat okupansi kamar hotel di Villa Bella terisi penuh sejak sepekan terakhir.

Andy mengaku gembira dengan kondisi ini. Mengingat sebelumnya sempat terpukul akibat dampak meletusnya Gunung Agung di Bali beberapa waktu lalu. Andy memperkirakan tingkat okupansi Villa Bella selama 2017 menyentuh angka 85 persen.

"Sangat drop kemarin (saat Gunung Agung), tapi sekarang saat liburan tahun baru sungguh luar biasa (kunjungannya)," kata Andy.

Andy menyebutkan, kebanyakan tamu di Villa Bella berasal dari negara-negara Eropa seperti Jerman dan Belgia, serta Australia. Tingginya minat pemesanan kamar juga membuat harga hotel per malam meningkat dua kali lipat.

"Untuk tarif kamar naik dua kali lipat, tipe kamar yang normalnya Rp 1,5 juta per malam menjadi Rp 3 juta, sedangkan yang Rp 2,5 juta menjadi Rp 5 juta per malam," ucap Andy.

Kendati demikian, Villa Bella tidak menyiapkan secara khusus acara malam pergantian tahun baru yang kerap diisi minuman-minuman keras maupun sajian live music. Pasalnya, Villa Bella merupakan salah satu hotel di Gili Trawangan yang mengedepankan konsep ramah terhadap wisatawan muslim atau //muslim friendly//.

Meski menawarkan sejumlah fasilitas menarik seperti ruang tamu super nyaman dan kolam renang pribadi, Villa Bella tidak menyediakan minuman beralkohol di kulkas yang ada di setiap kamar hotel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement