Ahad 31 Dec 2017 18:43 WIB

Ini Tiga Alternatif Jalur Menuju Kawasan Puncak

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ani Nursalikah
Petugas kepolisian bersiap melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan kendaraan menuju puncak yang terjebak kemacetan di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat.  (Republika)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas kepolisian bersiap melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan kendaraan menuju puncak yang terjebak kemacetan di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat. (Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Humas PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan ada tiga jalur utama yang bisa digunakan masyarakat jika ingin menuju kawasan Puncak, Jawa Barat menjelang malam pergantian tahun baru 2018, Ahad (31/12). Arus lalu lintas menuju kawasan Puncak akan dialihkan melalui Jonggol, Kabupaten Bogor mulai Ahad petang.

Menurut Dwimawan, pengalihan dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas. "Untuk menjaga kelancaran lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi arah Puncak, kepolisian bekerja sama dengan Jasa Marga melakukan pengaturan, yaitu mulai pukul 18.00 WIB Ahad petang hingga Senin (1/1) pukul 06.00 WIB," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad petang.

Bagi pengguna jalan tol yang hendak menuju Puncak dari Jakarta dapat keluar melalui Gerbang Tol Cibubur kemudian lanjut melalui Sentul Selatan menuju Jonggol. Alternatif kedua, pengguna jalan bisa keluar melalui Gerbang Tol Gunung Putri dan belok kiri ke arah Cileungsi lanjut menuju Jonggol. Pengguna jalan tol dari Bogor bisa keluar melalui Gerbang Tol Cibubur Junction dan berlanjut ke arah Jonggol.

Arus balik tahun baru 2018 yang diprediksi jatuh pada Senin masih terpantau lancar di Gerbang Tol Cikarang Utama. "Hingga pukul 13.00 WIB, volume lalu lintas yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama arah Cikampek mencapai 25.153 kendaraan atau lebih tinggi 10,3 persen dari volume lalu lintas normal yang mencapai 22.800 kendaraan," ujarnya.

Lalin arah Jakarta juga terpantau lancar. Tercatat 22.462 kendaraan melewati Gerbang Tol Cikarang Utama menuju Jakarta. Angka tersebut masih di atas prediksi (15.390 kendaraan) namun lebih rendah 3,2 persen dari volume lalin normal (23.220 kendaraan).

Puncak Diprediksi Padat Tengah Malam Hingga Dini Hari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement