Ahad 31 Dec 2017 17:21 WIB

Puncak Diprediksi Padat Tengah Malam Hingga Dini Hari

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalur Puncak Bogor, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalur Puncak Bogor, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepolisian Resor (Polres) Bogor memprediksi kemacetan di jalur Puncak, Bogor akan terjadi sekitar pukul 23.00 WIB hingga pascapergantian tahun. Prediksi ini berdasar pengalaman tahun lalu.

Kapolres Bogor, AKBP Andi M Dicky mengatakan kepadatan biasa terjadi di Rumah Makan Bumi Nini di Cisarua sampai Warung Kaleng, Cisarua. "Biasanya berlangsung sampai pukul 03.00 WIB," ucapnya dalam konferensi pers di Polres Bogor, Sabtu (30/12).

 

Tapi, kemacetan itu biasanya terjadi karena pertemuan arus motor dari Cianjur dan Puncak menuju Jakarta sehingga tidak menimbulkan kemacetan dalam jangka waktu lama. Dengan arahan dari petugas, kepadatan akan terurai.

 

Dicky menambahkan, arus lalu lintas oleh kendaraan roda dua biasa dimulai pada pukul 21.00 WIB yang berangsur ke arah Puncak dan Cianjur. "Mereka kebanyakan ingin melihat pemandangan kembang api dari atas," ujarnya.

 

Setelah momen pergantian tahun sekitar pukul 00.30 WIB, pengendara dari Puncak dan Cianjur menuju ke bawah. Sedangkan, masyarakat dari Kota dan Kabupaten Bogor hendak menuju atas. Hal inilah yang membuat kepadatan terjadi di sekitar Cisarua.

 

Untuk mengantisipasi kepadatan, petugas akan siaga di titik-titik kritis di Cisarua dan Megamendung. "Kami juga antisipasi dengan railing atau memberi batasan untuk jalan yang rawan macet," tuturnya.

 

Malam Pergantian Tahun, Jalur Puncak Ditutup 12 Jam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement