Ahad 31 Dec 2017 12:02 WIB

Hindari Ruas Jalan Sekitar Monas Ini Malam Nanti

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja melintasi panggung yang didirikan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/12).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja melintasi panggung yang didirikan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah ruas jalan di Jakarta akan ditutup dan dialihkan selama malam pergantian tahun pada Ahad (31/12). Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan merekayasa lalu lintas terkait perayaan tahun baru yang akan dimulai pukul 19.00 hingga 24.00 WIB.

Dalam keterangan Dinas Perhubungan, rekayasa lalu lintas akan dimulai pukul 17.00 hingga pukul 01.00 WIB. Ini dilakukan untuk memastikan kendaraan tidak mengganggu rangkaian acara. Berikut rekayasa lalu lintas yang dilakukan di seputar kawasan Monas.

- Acara akan berlangsung pada Ahad, 31 Desember 2017 pukul 19.00-24.00 WIB di Taman Monumen Nasional (Monas) dan sepanjang jalan mulai Jl. Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), Jl. MH Thamrin (Bundaran HI), Jl. Jenderal Sudirman sampai Dukuh Atas.

- Dilakukan penutupan jalan selama acara berlangsung secara bertahap mulai 31 Desember 2017 (pukul 17.00 WIB) s.d 1 Januari 2018 (pukul 01.00 WIB) dengan memperhatikan situasi di lapangan.

- Adapun ruas-ruas jalan yang akan ditutup adalah sebagai berikut:

Jl. Majapahit (sisi Timur, Simpang Harmoni s.d Simpang Medan Merdeka Utara)

Jl. Veteran 3

Jl. Museum

Jl. Medan Merdeka Barat (sisi Barat & Timur)

Jl. Medan Merdeka Selatan (sisi Utara dan Selatan)

Jl. MH Thamrin (Bundaran Air Mancur/Patung Kuda s.d Dukuh Atas)

Jl. Jenderal Sudirman (arah Selatan Utara untuk jalur cepat akan ditutup mulai dari depan simpang fly-over Prof. Dr Satrio/Casablanca s.d Dukuh Atas,

sedangkan jalur lambat ditutup mulai simpang Dukuh Atas/BNI 46)

Jl. Budi Kemuliaan

Jl. Kebon Sirih (Simpang Jembatan Serong s/d Simpang Jl. Agus Salim/Sabang)

Jl. Wahid Hasyim (Simpang Jl. Mas Mansyur s/d Simpang Jl. Agus Salim/Sabang).

Jl. Kebon Kacang

Jl. Imam Bonjol (Simpang Jl. Agus Salim/Jl. Pamekasan s.d Bundaran HI)

Selama dilakukan penutupan, lokasi jalan tersebut steril dari lalu lintas kendaraan bermotor dan sepeda (kecuali petugas), serta delman dan gerobak pedagang/PKL.

- Dengan adanya penutupan sejumlah ruas jalan, disiapkan jalan alternatif pengalihan lalu lintas sebagai berikut:

Pengalihan lalu lintas dari Utara Selatan;

Kendaraan dari arah Harmoni yang akan menuju ke Selatan diarahkan/ dialihkan melalui Jl. Juanda Lap. Banteng Jl. Pejambon Jl. Ridwan Rais dan seterusnya.

Pengalihan lalu lintas dari Selatan Utara;

Kendaraan dari arah Semanggi yg akan menuju ke Utara diarahkan/dialihkan melalui Jl. Karet Pasar Baru Timur atau Jl. Galunggung dan seterusnya.

- Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi pengunjung, maka khusus Bus Transjakarta Koridor 1 (Blok M Kota) dan Koridor 2 (Pulogadung Harmoni) tetap dapat melintasi rute operasinya seperti biasa.

- Pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya pada lokasi antara lain di IRTI Monas, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng dan Parkir Timur Senayan.

- Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

- Kegiatan HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) pada Ahad, 31 Desember 2017 ditiadakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement