Sabtu 30 Dec 2017 19:46 WIB

Polda Metro Jaya Siapkan Pengalihan Arus Kendaraan di Ancol

Pengunjung berpose di depan ikon Ancol dan papan penunjuk arah tempat rekreasi di dalam kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (29/12).
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Pengunjung berpose di depan ikon Ancol dan papan penunjuk arah tempat rekreasi di dalam kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (29/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus kendaraan saat perayaan malam pergantian tahun baru di sekitar Ancol, Jakarta Utara, pada Ahad (31/12). "Pengalihan arus diberlakukan situasional," kata Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto di Jakarta, Sabtu (30/12).

Pengalihan arus meliputi kendaraan dari turunan Tol Ancol Barat. Kendaraan dari pintu keluar Tol Ancol Barat ini bisa memutar balik di SPBU Bintang Mas-Penjaringan-Pintu Tol Ancol Barat atau melintasi Jalan Kampung Bandan mengarah Tamansari, Jakarta Barat.

Kendaraan dari Jalan Gunung Sahari akan diarahkan putar balik melalui Dorbrak Jimbaran ke arah Jakarta Pusat. Namun, kendaraan yang telah melintas akan dibelokkan ke kiri di lampu merah Mangga Dua memasuki Jalan Mangga Dua Raya lalu masuk ke Jakarta Pusat. 

Jika kendaraan lolos dari lampu merah Mangga Dua maka diarahkan belok kiri ke arah Tol Ancol Barat atau belok kanan mengarah Jembatan Goyang. Kendaraan yang datang dari Jalan Benyamin Sueb akan diarahkan lurus melalui perempatan lampu merah Pasir Putih ke arah timur atau Tanjung Priok, sedangkan kendaraan yang datang dari arah Tanjung Priok akan dibelokkan ke kiri menuju Jalan Baru Ancol ke arah Sunter.

Selain itu, polisi juga menyiapkan rute alternatif yang dapat dilintasi kendaraan menuju kawasan rekreasi Ancol. Kendaraan dari barat atau Penjaringan akan diarahkan melintas Jalan Lodan Raya masuk ke Pintu Marina melalui Jalan Parangtritis-Jalan Karang Bolong-Jalan Pelabuhan Ratu.

Saat Pintu Marina padat, kendaraan akan diarahkan masuk melalui Gerbang Utama Ancol Barat. Jika terjadi kepadatan di Ancol Barat maka pengendara diarahkan ke Jembatan Goyang dan masuk ke Pintu Gerbang Uama Ancol Timur. Jika Pintu Ancol Timur padat maka kendaraan diarahkan ke Pintu Carnaval. 

Kendaraan dari arah selatan Jalan Gunung Sahari Raya diarahkan melalui Gerbang Utama Ancol Barat. Begitu pula pengunjung menuju Jalan Mangga Dua Raya saat terjadi kepadatan di lampu merah Bintang Mas. Ketika jalur Bintang Mas padat, kendaraan akan diarahkan agar berbelok ke kanan arah Jembatan Goyang menuju Gerbang Utama Ancol Timur atau Pintu Carnaval.

Jalur tengah dari Jalan Benyamin Sueb Kemayoran maka kendaraan menuju Gerbang Utama Ancol Timur melalui lampu merah Pasir Putih-Pertigaan depan Hydros-Bunderan Hydros-Gerbang Utama Ancol Timur. Apabila terjadi kepadatan di Gerbang Utama Ancol Timur, kendaraan di lampu merah Pasir Putih dialihkan ke Pintu Carnaval.

Jalur timur dari arah Jalan RE Martasinata dan out ramp Ancol Timur maka kendaraan yang menuju Ancol dari Tanjung Pirok melalui Jembatan PLTU mengarah ke Pintu Carnaval atau diluruskan melintas Jalan RE Martadinata-Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur. Pengunjung dari arah Jalan Baru Ancol diarahkan melintas Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur. Apabila terjadi kepadatan maka dialihkan masuk melalui pintu masuk Carnaval.

Sementara itu, pengendara dari out ramp Ancol Timur diarahkan melintas Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur, apabila terjadi kepadatan dialihkan ke Pintu Masuk Carnaval. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement