Jumat 29 Dec 2017 09:15 WIB

Pengusaha Sumut Manfaatkan Barang Bekas untuk Miniatur

Sobir Lubis (kiri)
Foto: dokpri
Sobir Lubis (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kreativitas warga Mandailing, Sumatra Utara (Sumut) bernama Sobir Lubis,  berhasil memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan miniatur rumah adat dan juga alat musik tradisional. Sebagai seorang pengusaha UMKM, Sobir telah mengecap pahit dan manisnya perjuangan usaha bagas godang dan gordang sambilan. 

Kisah perjalanan usahanya diawali saat ia bertemu Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Batubara di Mandailing Natal. Menurut Sobir, Ivan adalah sosok yang mencintai kampung halamannya, yaitu Mandailing Natal, dan mendorongnya untuk menjadi wirausaha bidang ekonomi kreatif.

“Saat itu saya disarankan (oleh Ivan) untuk memiliki wirausaha yang berbasis ekonomi kreatif. Beliau yang memahami seluk beluk kegagalan dan bangkitnya usaha saya,” ucap Sobir di Mandailing Natal, dalam siaran pers, Jumat (29/12).

Tidak hanya mengajak Sobir yang merupakan ketua Kampoeng Kaos Madina untuk menjadi pengusaha UMKM, Ivan melakukan pendampingan usaha kepadanya. Hingga yang awal mulanya Sobir hanya memiliki dua karyawan dan kini telah lebih 100 pengrajin bekerja padanya.

Setiap perkataan Ivan, diingat Sobir dengan baik, seperti bagaimana menjadi pengusaha UMKM dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Adapun salah satunya adalah dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di daerahnya.

“Ada peribahasa yang saya ingat ‘Jangan melihat kesuksesan seseorang itu dari atau ketika di puncaknya tapi lihatlah ketika suksesnya ketika dia turun jatuh’ kenapa karena di situ kita dituntut bagaimana kita (untuk bangkit),” lanjut Sobir.

Kampoeng Kaos Madina adalah nama usaha miliknya yang berisi berisikan sejumlah pengrajin yang mengolah bahan sisa olahan godang dan gordang sambilan menjadi sebuah miniatur atau replika aslinya. Sebagai nama raja dan alat musik sakral masyarakat Mandailing Natal, para pengrajin membuat miniatur Godang dan Gordang Sambilan semirip mungkin dengan aslinya.

Dalam kesempatan terpisah, Ivan Batubara mengatakan, konsistensinya untuk terus mendorong dan mendukung adanya pertumbuhan UMKM di Sumut sebagai upaya pengembangan ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan baru.

“Saya memang berusaha menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru di Sumut. Karena dengan inilah dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru,” ucap Ivan yang disebut akan mendampingi petahana Teuku Erry Nuradi dalam Pilgub Sumut itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement