Kamis 28 Dec 2017 17:31 WIB

ASDP Prediksi Traffic Penumpang Mulai Meningkat Malam Ini

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera antre hingga keluar area pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni (ilustrasi)
Foto: Asep Fathulrahman/Antara
Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera antre hingga keluar area pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk akan terjadi peningkatan baik arus kendaraan dan penumpang mulai mulai malam ini (28/12) hingga besok (29/12). GM PT ASDP Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan peningkatan rerutama untuk kendaraan truk.

"Malam ini (Kamis 28/12, Red) diperkirakan traffic truk akan mengalami peningkatan karena pembatasan aktivitas kendaraan berat berukuran di atas tiga sumbu mulai pukul 00.00 WIB," kata Fahmi, Kamis (28/12).

Sementara itu, untuk traffic penumpang roda dua dan empat diperkirakan akan mulai naik besok (29/12). Meskipun begitu, Fahmi yakin puncak arus liburan Tahun Baru 2018 berjalan lancar dan terlayani dengan baik.

Fahmi menjelaskan ASDP memprediksi jumlah kendaraan Kamis hari ini sebanyak 12.390 ribu unit. Sedangkan kapasitas kapal terpasang mencapai 19.510 unit. Sedangkan Jumat (29/12) dengan proyeksi jumlah kendaraan sebanyak 13.290 unit kendaraan, kapasitas kapal terpasang mencapai 19.740 unit kendaraan.

Dia menjelaskan, untuk menghadapi proyeksi tersebut manajemen mempersiapkan skenario layanan penyeberangan untuk menggunakan armada berukuran besar. "Begitu juga dengan percepatan waktu bongkar muat kapal dari normal 60 menit menjadi 30 menit saat terjadi kondisi sangat padat," jelas Fahmi.

Dengan adanya prediksi peningkatan tersebut, ASDP menyiapkan maksimal enam dermaga dengan 34 unit kapal. Jika terjadi lonjakan signifikan, dia mengatakan, ASDP akan menggunakan kapal-kapal berukuran besar untuk meminimalisir antrean.

Fahmi memastikan kapasitas kapal terpasang di Pelabuhan Merak sangat memadai dalam pelayanan arus Tahun Baru 2018. "Mengacu pada karakteristik tahun lalu, dipastikan tren tahun ini tidak jauh berbeda," tutur Fahmi.

Dia menegaskan dengan proyeksi jumlah total kendaraan sebanyak 13.290 unit kendaraan pada Jumat (29/12), ASDP sudah melakukan persiapan kesediaan kapak. Fahmi mengatakan kapasitas kapal terpasang besok (29/12) mencapai 19.740 unit kendaraan.

Sementara itu, GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Elvi Yoza mengatakan intasan Ketapang-Gilimanuk yang mengoperasikan total 32 unit kapal mengatakan situasi arus relatif lancar pada hari ini (28/12). Elvi memprediksi kendaraan yang datang langsung masuk kapal untuk malam ini masih normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement