Rabu 27 Dec 2017 01:01 WIB

Tidak Diganggu Kera, Pinang Siap Saingi Kelapa dan Cokelat

Ilustrasi pohon pinang.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi pohon pinang.

REPUBLIKA.CO.ID, PARITA MALINTANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman, Sumatera Barat mengembangkan komoditas pinang menjadi salah satu unggulan barunya. Hal tersebut guna meningkatkan perekonomian petani di daerah itu.

"Selain kelapa dan cokelat, potensi pinang juga cukup besar di Padangpariaman sebagai penambah komoditas unggulan kita," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padangpariaman, Taufik Hidayat di Parit Malintang, Sumatera Barat, Selasa.

Potensi tersebut karena pinang didukung dengan karakter petani serta tidak ada hama yang akan mengganggu pertumbuhan dan produktivitasnya. "Jadi meskipun Padangpariaman banyak terdapat kera, namun tidak akan mengganggu pinang," tambahnya.

Harga pinang akhir-akhir ini juga relatif mahal, sehingga petani saat ini telah mulai mengarahkan perkebunannya ke pinang. Untuk menjadikan pinang sebagai salah satu komoditas unggulan, pihaknya telah menetapkan satu blok penghasil tinggi (BPT) di Nagari Sikucua, Kecamatan Kampung Dalam untuk menghasilkan bibit unggulan dan bersetifikat. "BPT tersebut akan menghasilkan 500 bibit pinang wangi dan 250 bibit pinang lokal," ujarnya.

Lokasi penanaman pinang tersebut rencananya di daerah pesisir karena perekonomian masyarakat di kawasan tersebut masih rendah dibandingkan dengan perbukitan yang identik dengan perkebunan. Saat ini produksi pinang di daerah itu mencapai 800 ton per tahun. Dengan BPT yang telah dibuat, maka produktivitas komoditas tersebut meningkat dan perekonomian petani dapat meningkat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement